TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merambah ke MotoGP, Pertamina Lubricants Merasa Lebih Dikenal di Eropa

VR46 Racing Team buka jalan ke Italia

PV Marketing PT Pertamina Lubricants, Nugroho Setyo Utomo, menyebut bahwa tahun depan pihaknya sudah punya recana menjalankan riders academy. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Lombok, IDN Times - Pertamina Lubricant merasa semakin dikenal di Eropa usai menjadi sponsor Pertamina Enduro VR46 Racing Team di ajang MotoGP. Nama mereka disebut mulai dicari di Benua Biru.

VP Marketing PT Pertamina Lubricants, Nugroho Setyo Utomo, mengatakan jika kerja sama dengan VR46 memberikan Pertamina Lubricant kesempatan dikenal di Eropa, terlebih di Italia, karena tim balap itu berasal dari negara tersebut.

“Kemarin sempat datang salah satu pelaku industri otomotif dunia ke Enduro x Fastron Lounge kami. Dia bilang, Pertamina saat ini mulai dilihat sangat seksi di Eropa," ujar Nugroho di paddock Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

"Saat ini, VR46 Racing Team seperti representatif kami di Eropa," lanjut dia. 

1. Pertamina Lubricants sudah lebih dulu penetrasi ke pasar Eropa

Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (Dokumentasi Pertamina Lubricants)

Produk pelumas dari Pertamina Lubricants, diakui Nugroho, sebetulnya sudah lebih dulu dipasarkan di negara-negara yang berada di Asia, Afrika, Australia, hingga Eropa.

Dia bahkan menyebut, Pertamina Lubricants sudah memiliki 12 distributor di Asia, dua di Afrika yakni Afrika Selatan dan Nigeria serta masing-masing satu distributor dan subdistributor di Australia.

Untuk Afrika dan Eropa sendiri, Nugroho mengklaim sudah melakukan ekspor sejak 2011 silam. Pada 2018, Pertamina Lubricants juga membuka kantor representatif di Sydney, Australia.

"Yang mau jadi distributor banyak lagi. Spirit mereka untuk increase market sell naik lagi. Australia sudah ada representatif, mostly Asia Pasifik, Singapura kita punya. Asia Selatan, Nepal, Bangladesh kita punya, Afsel, Nigeria, dan Eropa," kata Nugroho. 

Baca Juga: Mobil Lubricants Luncurkan Oli Mesin Baru, Cocok untuk Berbagai Mobil

2. Kerja sama dengan VR46 Racing Team buka kans penetrasi ke Italia

Untuk pertama kalinya tim MotoGP yang didukung BUMN energi ini berlaga di rumah sendiri, atau home race. Minggu (29/09/2024) siang ini Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan berlaga di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. (Dok. Pertamina)

Meski demikain, Nugroho mengaku jika saat ini belum ada representasi Pertamina Lubricants di Italia. Menurutnya, dengan bergabungnya VR46, hal itu bisa membantu merek dagang itu menembus pasar Negeri Pizza.

"Semoga kerja sama dengan VR46 Racing Team membuat ekspansi produk kami ke luar negeri semakin masif," bebernya.

Lebih jauh, Pertamina Lubricant sendiri berharap program kemitraan dengan VR46 Racing Team bisa terus meningkatkan penetrasi produk pelumas yang sudah dimiliki saat ini.

3. Pertamina Lubricants juga kerja sama dengan Lamborghini Squadra Corse

Museum Lamborghini di Bologna, Italia (IDN Times / Satria Permana)

Selain itu, Nugroho juga menjelaskan ada faktor lain yang membuat produk Pertamina Lubricants terus dikenal di Eropa. Hal itu tak lepas dari kerja sama yang sebelumnya, tepatnya pada 2015, sudah dilakukan bersama divisi mobil balap mereka, Lamborghini Squadra Corse. 

Kerja sama itu menghasilkan sebuah produk pelumas baru bernama Fastron Platinum Racing 10W-60.

“Dengan Lamborghini sudah berlangsung lama, hampir 10 tahun,” ujar Nugroho menjelaskan.

Hingga 2025, oli Pertamina Fastron akan digunakan Lamborghini di balapan Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, dan The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Baca Juga: Merasakan Eksklusivitas di Markas Lamborghini Bologna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya