TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menpora Klaim MotoGP Mandalika Tetap Digelar Tahun Depan

Pembiayaan MotoGP 2025 bakal gunakan tourism fund

Marc Marquez berjalan usai terjatuh di tikungan 10 Sirkuit Mandalika pada sesi kualifikasi kedua, Sabtu (28/9/2024). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Lombok, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo memastikan MotoGP Mandalika bakal tetap digelar tahun depan. Dia menepis rumor jika Indonesia tak akan ambil bagian dalam ajang balapan bergengsi itu tahun depan.

“Iya berlanjut terus dan tak akan putus. [Sudah jelas setelah] pertemuan dengan Bapak Presiden [Jokowi] terkait dengan tourism fund [Indonesia Quality Tourism Fund], dan tahun depan seharusnya sudah bisa menggunakan tourism fund. Sudah ada pola penyelesaiannya,” kata Dito ketika ditanya di paddock usai main race MotoGP Mandalika.

Sebelumnya, Indonesia diterpa isu tak sedap lantaran permasalah hosting fee yang beum dibayar. Mandalika bahkan sempat disebut bakal dicoret dari kalender MotoGP 2025. 

Baca Juga: Drama MotoGP Indonesia 2024: 9 Pembalap Tumbang

1. Dorna umumkan jadwal MotoGP Mandalika 2025

Untuk pertama kalinya tim MotoGP yang didukung BUMN energi ini berlaga di rumah sendiri, atau home race. Minggu (29/09/2024) siang ini Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan berlaga di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. (Dok. Pertamina)

Dorna kemudian mementahkan rumor itu dengan mengumumkan kalender MotoGP untuk rangkaian grand prix musim 2025. Sirkuit Mandalika yang sempat disebut terancam dicoret, tetap masuk dalam daftar.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, ada 22 seri di 18 negara rencananya berlangsung pada tahun depan, termasuk kembalinya Grand Prix Thailand.

Terlepas dari kepastian musim depan, Menpora semringah gelaran MotoGP Mandalika tahun ini berjalan lancar. Terlebih, ajang itu bisa menyerap pekerja lokal yang sangat banyak, plus menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia yang besar.  

“Kita bahagia, selamat untuk Jorge Martin [pemenang MotoGP Mandalika 2024]. Kami sangat senang, karena hari ini MotoGP telah memperkerjakan 3000 masyarakat asli dr ntb dan lombok. 

2. Menparekraf pastikan MotoGP tetap berlangsung sampai 2027

Hero Walk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meastikan pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 sebesar Rp231 miliar, sudah tuntas. Untuk tahun depan, hosting fee akan menggunakan sumber pembiayaan Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF).

"Jadi alhamdulilah (hosting fee) selesai. Alhamdulillah sudah ditandatangani. Kerja sama semua sudah selesai. Kita kerjanya sangat cepat," ujar Sandi, beberapa waktu lalu. 

Sandy bahkan memastikan gelaran MotoGP Mandalika berlanjut hingga 2027. Sandi menegaskan Pemerintah berkomitmen bersama BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney dan Dorna Sport untuk melanjutkan kemitraan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

3. Apa itu IQTF, yang disebut bakal membiayai MotoGP

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (IDN Times/Muhammad Nasir)

IQTF sendiri sempat dijelaskan Sandi merupakan inovasi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pengembangan kegiatan pariwisata. Menurut Sandi, program tersebut secara tidak langsung jadi salah satu strategi mencegah kebocoran devisa.

Ia menyebut, dana IQTF yang regulasinya tengah dimatangkan, akan digunakan sebesar Rp200-500 miliar pada tahun pertama. Harapannya, dana abadi tersebut mampu membiayai 10 hingga 15 acara besar terkait pariwisata.

Lebih jauh, Sandi berharap jika sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus digenjot, dampaknya bisa positif dalam menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, hingga bisa menjadi andalan untuk pertumbuhan ekonomi RI.

Baca Juga: MGPA: MotoGP Mandalika 2024 Dihadiri 120 Ribu Penonton 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya