TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Negara dengan Jumlah Atlet Terbanyak di Olimpiade 2024

Jepang negara Asia dengan kontingen terbanyak #Olimpiade2024

kontingen Prancis di Paris 2024 (instagram.com/franceolympique)

Olimpiade Musim Panas 2024 yang sedang berlangsung di Paris diikuti lebih dari 10.000 atlet dari 206 negara. Seperti diketahui, Olimpiade adalah ajang olahraga multi-event terbesar dan paling bergengsi. Oleh karena itu, tidak semua negara punya kuota jumlah atlet yang sama. Sebab, untuk bisa menembus olimpiade, para atlet harus memenuhi syarat dan rangkaian kualifikasi terlebih dahulu.

Semakin maju prestasi olahraga sebuah negara, maka semakin besar pula jumlah atlet yang berpartisipasi di Olimpiade. Nah, pada Olimpiade 2024 ini, terdapat lima negara dengan jumlah atlet terbanyak yang mengikuti hampir semua cabang olahraga. Negara mana saja, ya? Yuk, cari tahu!

1. Amerika Serikat jadi yang terbanyak dengan 592 atlet

Team USA di Paris 2024 (instagram.com/teamusa)

Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu negara terkuat di Olimpiade dengan sering menjadi juara umum. Kontingen Negeri Paman Sam sangat berpengaruh di berbagai cabang olahraga, termasuk renang, atletik, menembak, senam, dan tentu saja basket. Jumlah atlet Amerika Serikat jadi yang terbanyak di Paris 2024 dan diprediksi akan kembali menjadi juara umum. Cabor dengan atlet terbanyak dari Amerika Serikat adalah atletik, dengan jumlah 120 atlet.

Baca Juga: 7 Gaya Atlet Pria di Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024, Memukau!

2. Sebagai tuan rumah, Prancis mengirimkan 573 atlet

kontingen Prancis di Paris 2024 (instagram.com/franceolympique)

Tuan rumah biasanya punya hak istimewa untuk mengirimkan jumlah atlet lebih banyak. Prancis sebagai penyelenggara menjadi negara kedua dengan jumlah atlet terbanyak di Olimpiade Paris 2024. Meski begitu, di edisi sebelum-sebelumnya, Prancis memang selalu mengirim ratusan atletnya ke Olimpiade. Para atlet Prancis mengikuti semua cabor yang dipertandingkan. Adapun cabor dengan jumlah atlet terbanyak dari Prancis adalah atletik dengan 61 atlet. Prancis digadang-gadangkan akan bersaing di papan atas klasemen perolehan medali. 

3. Australia ikut Olimpiade Paris 2024 dengan mengirim 460 atlet

kontingen Australia di Paris 2024 (instagram.com/ausolympicteam)

Berikutnya ada Australia. Negara yang identik dengan koala dan kanguru ini punya sejarah kuat di Olimpiade. Selain pernah menjadi tuan rumah sebanyak dua kali, Australia juga punya prestasi mentereng di Olimpiade, terutama di cabor renang. Untuk Paris 2024, Australia mengirim atlet hampir ke semua cabor. Jumlah yang terbanyak adalah cabor atletik yang diwakili 75 atlet. Selain itu, Australia juga mengikuti salah satu cabor baru di Olimpiade, yakni skateboarding

4. Kontingen Jerman datang ke Paris 2024 dengan 428 atlet

kontingen Jerman di Paris 2024 (instagram.com/teamdeutschland)

Jerman ada di urutan keempat sebagai negara dengan atlet terbanyak di Olimpiade Paris 2024. Negara yang sangat berpengaruh di sepak bola ini mengikuti 30 cabor yang dipertandingkan. Cabor dengan jumlah atlet terbanyak dari Jerman adalah atletik dengan 79 atlet. Sedangkan, cabor dengan atlet Jerman paling sedikit adalah Taekwondo dengan satu atlet saja. Menariknya, timnas sepak bola putra Jerman justru tidak lolos ke Olimpiade kali ini.

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya