TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Bahrain

Ferrari menjadi tim tersukses di GP Bahrain

Felipe Massa dan Michael Schumacher (formula1.com)

GP Bahrain menjadi balapan pembuka Formula 1 2024 yang akan berlangsung pada Sabtu (2/3/2024). Sebagai balapan pembuka, penting bagi tiap tim untuk bisa mendapat hasil terbaik. Ferrari menjadi salah satu tim yang mengincar hasil maksimal di Sirkuit Sakhir.

Jika menengok sejarah, Ferrari merupakan tim tersukses di GP Bahrain dengan tujuh kemenangan. Ferrari juga merupakan pemenang seri perdana GP Bahrain pada 2005 melalui Michael Schumacher.

Termasuk Schumacher, berikut lima pembalap Ferrari yang pernah menjadi juara GP Bahrain.

1. Michael Schumacher menjadi pemenang pertama GP Bahrain

Michael Schumacher (formula1.com)

GP Bahrain pertama kali masuk kalender Formula 1 pada 2005. Berbeda dengan saat ini yang menggelar balapan pada malam hari, ketika itu balapan di Sirkuit Sakhir diadakan pada siang hari. Kondisi tersebut cukup menyiksa bagi para pembalap karena Bahrain dikenal memiliki cuaca panas yang cukup ekstrem. 

Pada sesi kualifikasi, dua pembalap Ferrari menjadi yang paling dominan. Michael Schumacher meraih pole position dan Rubens Barrichello berada di posisi kedua. Hasil apik pada sesi kualifikasi menjadi modal bagus bagi Schumacher untuk meraih kemenangan.

Pada saat balapan, Schumacher tak kesulitan melibas 57 putaran di Sirkuit Sakhir. Ia tak terhentikan dengan menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis, diikuti Barrichello dan pembalap BAR, Jenson Button. Schumacher menjadi pembalap pertama yang memenangi GP Bahrain. Itu juga merupakan satu-satunya kemenangan Schumacher di Sirkuit Sakhir.

2. Felipe Massa dua kali menjadi juara bersama Ferrari

Felipe Massa (formula1.com)

Felipe Massa menjadi pembalap Ferrari kedua yang berhasil merajai GP Bahrain. Pembalap asal Brasil tersebut melakukannya pada 2007. Mengawali balapan dari posisi terdepan, Massa berhasil menggapai puncak podium diikuti Lewis Hamilton yang membela McLaren dan rekan setimnya, Kimi Raikkonen.

Keberhasilan Massa menjuarai GP Bahrain berlanjut pada musim berikutnya. Kali itu, ia hanya menjadi yang tercepat kedua pada sesi kualifikasi di belakang pembalap BMW Sauber, Robert Kubica. Namun, dengan cerdik, Massa berhasil menyalip Kubica pada tikungan pertama dan tak terkejar hingga balapan berakhir.

Setelah dua balapan tersebut, rekor Massa di GP Bahrain bisa dibilang tak terlalu mengesankan. Ia hanya sekali meraih podium kedua pada 2010. Setelahnya, performa terbaik Massa hanyalah mencicipi posisi keenam pada 2017.

Baca Juga: Mengenang Peter Collins, Pembalap Ferrari dari Inggris

3. Fernando Alonso menjadi juara di Endurance Circuit

Fernando Alonso (twitter.com/F1)

GP Bahrain 2010 menyajikan sesuatu yang berbeda dibanding seri-seri sebelumnya. Hal itu karena GP Bahrain menggunakan layout sirkuit yang berbeda, yakni Endurance Circuit. Layout tersebut memiliki jarak yang lebih panjang dengan sembilan tikungan tambahan.

Pada sesi kualifikasi, Sebastian Vettel menjadi yang tercepat diikuti duo Ferrari, Felipe Massa dan Fernando Alonso. Pada awal balapan, Vettel mampu mempertahankan posisinya. Sementara itu, Alonso berhasil melewati Massa untuk berada di posisi kedua.

Jelang balapan berakhir, mobil Red Bull yang dikendarai Vettel memiliki masalah. Kondisi tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Alonso untuk merebut posisi puncak. Bagi Alonso, kemenangan itu merupakan yang ketiga setelah 2005 dan 2006 ketika masih membela Renault.

4. Sebastian Vettel menjadi salah satu yang tersukses di GP Bahrain

Sebastian Vettel (fia.com)

Sebastian Vettel merupakan salah satu pembalap tersukses di GP Bahrain. Pembalap asal Jerman tersebut mampu meraih 4 kemenangan dengan 2 di antaranya diraih bersama Ferrari dan sisanya didapat bersama Red Bull. Jumlah tersebut hanya kalah dari Lewis Hamilton yang memiliki lima kemenangan.

Vettel pertama kali mempersembahkan kemenangan bagi Ferrari di GP Bahrain terjadi pada 2017. Ketika itu, Vettel mampu mengungguli duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Setahun berselang, Vettel melanjutkan kesuksesannya dengan kembali ke puncak podium. 

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya