TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

McLaren Bisa Pakai Pembalap Cadangan Aston Martin di Formula 1 2023

Tak bisa dipinjam di semua balapan

Stoffel Vandoorne (formula1.com)

McLaren mendapat hak menggunakan pembalap cadangan Aston Martin di Formula 1 2023. Mereka boleh meminjam Felipe Drugovich dan Stoffel Vandoorne, tetapi keduanya tak bisa digunakan dalam 23 balapan.

McLaren hanya boleh meminjam mereka dalam beberapa balapan. Seperti apa ketentuannya?

1. McLaren hanya bisa memakai jasa 2 pembalap cadangan Aston Martin dalam 15 balapan

Meski mendapat akses untuk menggunakan jasa pembalap cadangan Aston Martin, McLaren tak bisa memakainya sepanjang musim. Mereka hanya bisa menggunakannya dalam 15 balapan pertama dari GP Bahrain hingga Italia.

Itu artinya, McLaren tak dapat memakai jasa kedua pembalap tersebut setelah seri ke-15. Jika ingin benar-benar memanfaatkan Drugovich dan Vandoorne, McLaren harus memberi mereka kesempatan turun pada sesi latihan bebas pada 15 balapan pertama.

Baca Juga: McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023

2. Felipe Drugovich merupakan juara dunia Formula 2

Felipe Drugovich (formula1.com)

Felipe Drugovich merupakan juara dunia Formula 2 2022 bersama MP Motorsports. Pembalap asal Brasil itu mampu menyabet 5 kemenangan dengan koleksi 265 poin.

Setelah menjadi juara dunia Formula 2, Drugovich bergabung dengan Aston Martin sebagai pembalap cadangan. Ia masuk ke dalam program pengembangan pembalap mereka. Drugovich saat ini tak mengikuti ajang balap apa pun.

3. Stoffel Vandoorne punya pengalaman bersama McLaren

Stoffel Vandoorne (formula1.com)

Berbeda dengan Felipe Drugovich yang belum punya pengalaman di Formula 1, Stoffel Vandoorne pernah 2 musim bersama McLaren pada 2017 dan 2018. Namun, performa buruk McLaren saat itu membuatnya tak bisa berbicara banyak.

Setelah keluar dari Formula 1, Vandoorne mengikuti ajang Formula E. Ia menjadi juara dunia pada 2021/2022. Pembalap asal Belgia tersebut bergabung dengan Aston Martin sebagai pembalap cadangan setelah mengemban peran serupa bersama Mercedes.

4. McLaren sudah punya Mick Schumacher

Mick Schumacher (twitter.com/SchumacherMick)

Sebelum menjalin kerja sama untuk memakai jasa Felipe Drugovich dan Stoffel Vandoorne, McLaren sudah memiliki Mick Schumacher sebagai pembalap cadangan. Pembalap asal Jerman tersebut akan menjalani peran serupa di Mercedes.

Tak seperti kedua pembalap pinjaman dari Aston Martin, Schumacher bisa digunakan McLaren sepanjang musim 2023. Kesempatan ini juga bisa digunakan Schumacher untuk kembali mendapat kursi di Formula 1.

Baca Juga: Lance Stroll Absen Tes Pramusim Formula 1 di Bahrain, Alami Cedera!

Verified Writer

Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya