TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Max Verstappen Gagal Catat Rekor Usai Finis Kedua di F1 GP Belanda

Gagal raih kemenangan pada balapan ke-200

Max Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen gagal meraih kemenangan di Formula 1 GP Belanda 2024, Minggu (25/8/2024). Pembalap tuan rumah itu sebenarnya mengawali balapan dengan baik usai menyalip Lando Norris pada tikungan pertama untuk mengambil alih pimpinan balapan. Sayang, posisi itu tak mampu dipertahankan hingga akhir balapan oleh Verstappen. Ia harus puas finis di posisi kedua dengan jarak 22,8 detik dari Norris.

Kegagalan meraih kemenangan di Sirkuit Zandvoort terbilang cukup menyesakkan bagi Verstappen. Sebab, sebelumnya, ia merupakan pembalap paling dominan dengan menyapu bersih kemenangan dalam 3 musim. Verstappen juga gagal mempersembahkan kado terbaik pada balapannya yang ke-200 di Formula 1.

1. Max Verstappen gagal memperpanjang dominasinya di GP Belanda

Max Verstappen dan Lando Norris di GP Belanda 2024. (formula1.com)

Sejak GP Belanda kembali ke kalender Formula 1 pada 2021, Max Verstappen selalu menjadi pembalap yang paling dominan. Ia mampu mencatatkan waktu terbaik pada sesi kualifikasi. Modal apik itu kemudian ia teruskan menjadi kemenangan ketika balapan pada Minggu

Namun, dominasi itu tak mampu diteruskan juara dunia tiga kali tersebut pada 2024. Lando Norris menjadi pembalap yang mampu meruntuhkan dominasi Verstappen di Sirkuit Zandvoort. Pada sesi kualifikasi, Verstappen hanya mampu berada di posisi kedua, di belakang Norris. Hasil serupa juga terjadi saat balapan. Verstappen gagal mengikuti kecepatan Norris.

2. Max Verstappen tak mampu meraih kemenangan pada balapan ke-200

GP Belanda 2024 merupakan balapan yang spesial bagi Max Verstappen. Sebab, itu merupakan balapannya yang ke-200 di Formula 1 sejak debut di GP Australia 2015. Sayang, Verstappen gagal memberi kado terbaik dengan raihan kemenangan karena hanya mampu mengakhiri balapan sebagai runner-up.

Verstappen gagal mengikuti jejak Michael Schumacher yang mampu meraih kemenangan pada balapan ke-200 di kandang sendiri. Pembalap asal Jerman itu mampu meraih kemenangan di GP Eropa 2004 yang dihelat di Sirkuit Nuerburgring. Selain Schumacher, pembalap lain yang mampu meraih kemenangan pada balapan ke-200 adalah Jenson Button di GP Hungaria 2011, Nico Rosberg di GP Singapura 2016, Lewis Hamilton di GP Belgia 2017, dan Sebastian Vettel di GP Bahrain 2018.

Baca Juga: Komparasi 106 Podium Max Verstappen dan Fernando Alonso di Formula 1

3. Verstappen gagal menyamai jumlah kemenangan Jim Clark di GP Belanda

Jim Clark (x.com/F1)

Posisi kedua yang diraih Max Verstappen membuatnya gagal meraih kemenangan keempat di GP Belanda. Sejauh ini, Verstappen sudah mengoleksi tiga kemenangan di GP Belanda pada 2021, 2022, dan 2023. Jumlah itu sama dengan Niki Lauda dan Jackie Stewart.

Koleksi kemenangan Verstappen saat ini hanya kalah dari legenda balap asal Inggris, Jim Clark. Dua kali juara dunia itu total mengoleksi empat kemenangan di Sirkuit Zandvoort. Clark meraih semua kemenangan bersama Lotus pada 1963, 1964, 1965, dan 1967. Meski begitu, Verstappen masih berkesempatan menyamai atau bahkan melewati rekor milik Clark suatu saat nanti.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya