TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP Belanda

Norris patahkan dominasi Max Verstappen

Lando Norris menjuarai GP Belanda 2024. (formula1.com)

Intinya Sih...

  • Lando Norris mematahkan dominasi Max Verstappen di Formula 1 GP Belanda 2024
  • Norris berhasil meraih kemenangan dari pole position, mengurangi selisih poin dengan Verstappen menjadi 70 poin
  • McLaren menjadi tim tersukses di GP Belanda dengan empat kemenangan, sedangkan Norris mencetak rekor poin tertinggi dalam semusim sejak debut pada 2019

Lando Norris berhasil meraih kemenangan di Formula 1 GP Belanda 2024, Minggu (25/8/2024). Mengawali balapan dari pole position, Norris sempat disalip Max Verstappen pada tikungan pertama. Namun, Norris tak membiarkan pembalap tuan rumah itu memimpin dalam waktu lama. Ia kembali mendahului Verstappen dan mempertahankan posisi tersebut hingga balapan berakhir.

Kemenangan yang diraih Lando Norris memangkas selisih poinnya dengan Max Verstappen menjadi 70 poin. Selain itu, Norris juga membuat beberapa catatan menarik usai menjadi yang tercepat di Sirkuit Zandvoort. Simak sederet fakta menarik kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP Belanda 2024 melalui ulasan berikut!

1. Lando Norris putus dominasi Max Verstappen di GP Belanda

Lando Norris menjuarai GP Belanda 2024. (x.com/McLarenF1)

GP Belanda sempat absen dari kalender Formula 1 sejak 1986. Balapan itu baru kembali digelar setelah lebih dari 3 dekade, tepatnya pada 2021. Sejak saat itu, Max Verstappen menjadi pembalap paling dominan dengan menyapu bersih tiga balapan dengan kemenangan. Tak hanya itu, Verstappen juga selalu mengunci pole position pada sesi kualifikasi.

Dominasi Verstappen itu kemudian diruntuhkan oleh Lando Norris pada 2024. Pembalap McLaren itu mengawali pekan balap dengan manis usai meraih waktu tercepat pada sesi kualifikasi. Pekan balap Norris kian sempurna setelah berhasil meraih kemenangan pada hari minggu. Ia menjadi pembalap pertama selain Verstappen yang mampu meraih kemenangan di Sirkuit Zandvoort sejak kembali pada 2021.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Belanda

2. Pembalap McLaren pertama yang menjuarai GP Belanda sejak 1985

Niki Lauda menjuarai GP Belanda 1985. (x.com/McLarenF1)

Norris menjadi pembalap McLaren pertama yang meraih kemenangan di GP Belanda sejak 1985. Saat itu, Niki Lauda membawa McLaren berada di puncak podium Sirkuit Zandvoort. Selain kedua pembalap itu, ada James Hunt pada 1976 dan Alain Prost pada 1984 yang juga pernah mempersembahkan kemenangan bagi McLaren di GP Belanda.

McLaren menjadi salah satu tim tersukses dalam sejarah GP Belanda. Setelah kemenangan yang diraih Norris, tim yang bermarkas di Woking, Inggris, itu kini telah mengoleksi empat kemenangan. Jumlah itu hanya kalah dari Ferrari dan Lotus yang masing-masing membukukan 8 dan 6 kemenangan.

3. Kemenangan pertama McLaren dari pole position sejak 2012

Lando Norris meraih pole position di GP Belanda 2024. (formula1.com)

Kemenangan yang diraih Norris di GP Belanda 2024 merupakan kemenangan pertama McLaren dari pole position. Raihan itu terakhir kali terjadi pada 2012 ketika Lewis Hamilton menjuarai GP Italia. Sebelum GP Belanda 2024, Norris telah meraih tiga pole position tetapi selalu gagal meraih kemenangan.

Kemenangan yang diraih Norris juga memutus catatan buruk peraih pole position dalam enam balapan sebelumnya. Sebab, sejak Charles Leclerc menjuarai GP Monako dari posisi terdepan pada seri kedelapan, peraih pole position tak pernah menjadi yang pertama melintasi garis finis dalam enam balapan berikutnya. Catatan itu menjadi yang terpanjang sejak GP Brasil 2009 hingga GP China 2010 yang juga berlangsung dalam enam balapan.

4. Norris mencatatkan selisih kemenangan terjauh pada 2024

Max Verstappen, Charles Leclerc, dan Lando Norris di atas podium GP Belanda 2024. (x.com/F1)

Lando Norris benar-benar membuat Max Verstappen kewalahan sepanjang balapan. Pembalap Belanda itu bahkan tak mampu untuk sekadar mendekati Norris. Alhasil, Norris finis dengan selisih 22,8 detik dari Verstappen yang meraih posisi kedua. 

Selisih itu merupakan yang terjauh pada musim 2024 ini. Sebelumnya, selisih kemenangan terjauh pada 2024 dicatatkan Max Verstappen pada seri perdana di GP Bahrain. Saat itu, Verstappen mampu mengungguli Sergio Perez dengan selisih 22,2 detik.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya