TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Serie A, Usia Hanya Angka

Ibrahimovich masuk daftar usai golnya ke gawang AS Roma

Zlatan Ibrahimovic (onhike.com)

Zlatan Ibrahimovich sukses mencatatkan namanya di papan skor ketika AC Milan meraih kemenangan saat menjamu AS Roma. Striker asal Swedia itu mencetak gol indah lewat tendangan bebas yang tak mampu ditepis oleh Rui Patricio.

Selain membawa AC Milan meraih kemenangan, golnya itu juga membuatnya menjadi pemain tertua keempat yang sukses mencetak gol di Serie A. Berikut lima pemain tertua yang menjadi pencetak gol tertua di Serie A.

1. Francesco Totti (39 tahun 11 bulan 29 hari)

Francesco Totti (sempreinter.com)

Francesco Totti merupakan legenda AS Roma yang membela Il Lupi sejak tahun 1992 hingga 2017. Pada musim terakhirnya, Totti masih mampu membawa timnya menjadi runner up Serie A dan hanya tertinggal 4 poin dari Juventus.

Meski berposisi sebagai gelandang, namun Totti merupakan pencetak gol terbanyak kedua Serie A sepanjang sejarah dengan 250 gol. Totti terakhir kali mencatatkan namanya di papan skor saat Roma menaklukan Torino. Ketika itu usianya sudah memasuki 40 tahun.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Pekan ke-11 Serie A, Panggung Striker Muda!

2. Zlatan Ibrahimovic (40 tahun 20 hari)

Zlatan Ibrahimovic (onhike.com)

Sepertinya usia hanyalah angka bagi Zlatan Ibrahimovic, terbukti meski sudah mencapai 40 tahun ia masih mampu menjadi striker utama AC Milan. Musim ini saja, Ibra sudah mencetak 3 gol dari 5 laga bersama Rossoneri di Serie A.

Satu golnya ke gawang AS Roma kemarin membuatnya menjadi pencetak gol tertua keempat sepanjang sejarah Serie A. 1 golnya tersebut juga mampu membawa timnya meraih kemenangan. Bukan tak mungkin, ia masih akan mencetak gol meski sudah tak lagi muda.

3. Pietro Vierchowod (40 tahun 1 bulan 17 hari)

Pietro Vierchowod (sporteventi.com)

Pietro Vierchowod merupakan pemain asal Italia yang telah malang melintang membela beberapa klub di Serie A. Sampdoria menjadi klub yang paling lama dibelanya selama berkarier, yakni dari tahun 1983 hingga 1995. Selain itu, ia juga pernah berkostum AS Roma, Fiorentina, Juventus, hingga AC Milan.

Pietro sendiri cukup lama berkarier di dunia sepak bola, ia memulai kariernya di Como pada tahun 1976 dan baru pensiun tahun 2000 ketika berseragam Piacenza. Bersama Piacenza pula, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini mencetak gol terakhirnya di Serie A. Kala itu ia mencetak 1 gol ke gawang Salernitana di usia ke-40 tahun.

4. Silvio Piola (40 tahun 4 bulan 9 hari)

Silvio Piola (giocopulito.it)

Soal ketajaman tak perlu meragukan Silvio Piola, ia merupakan top skor sepanjang masa Serie A dengan raihan 274 gol. Piola sendiri mengawali kariernya dengan membela Pro Vercelli pada tahun 1929 sebelum meraih banyak kesuksesan bersama Lazio.

Selanjutnya ia sempat membela Torino, Juventus, dan Novara. Bahkan, Piola sempat bermain di Serie B ketika berkostum Novara pada musim pertamanya. Namun, ia mampu membawa timnya promosi ke Serie A, sekaligus menjadi pencetak gol tertua ketika sudah berusia 40 tahun pada musim 1954.

Verified Writer

Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya