TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Pemain Amerika Serikat yang Juara 3x3 dan 5x5 di Olimpiade

Juara dua kali beruntun

Timnas 3x3 Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo. (usab.com)

Timnas Bola Basket Putri Amerika Serikat menjadi juara turnamen bola basket 5x5 di Olimpiade 2024 Paris. Dua penggawa mereka, Kelsey Plum dan Jackie Young, pun menorehkan rekor unik. Mereka kini tercatat sebagai peraih medali emas dua kali beruntun di nomor yang berbeda.

Sebelum juara bersama tim 5x5 pada 2024, Plum dan Young terlebih dahulu juara 3x3 di Olimpiade 2020 Tokyo pada musim panas 2021. Saat itu, turnamen basket 3 lawan 3 debut di ajang multicabang olahraga 4 tahunan tersebut. Amerika Serikat mengalahkan wakil Russian Olympic Committee pada partai puncak untuk menyabet medali emas.

1. Kelsey Plum dan Jackie Young bahu-membahu bersama Stefanie Dolson dan Allisha Gray pada 2021

Timnas 3x3 Amerika Serikat menyabet medali emas Olimpiade 2020 Tokyo. (usab.com)

International Olympic Committee mengumumkan 3x3 masuk sebagai nomor resmi yang dipertandingan untuk Olimpiade 2020 Tokyo pada 2017. Namun, debutnya tertunda sampai 2021 karena COVID-19. Timnas Amerika pun baru mengumumkan skuad mereka pada Juni 2021.

Awalnya, tim 3x3 putri AS berisi Kelsey Plum (Las Vegas Aces), Stefanie Dolson (Chicago Sky), Allisha Gray (Dallas Wings), dan Katie Lou Samuelson (Seattle Storm). Namun, nama terakhir terpaksa mengundurkan diri karena terjangkit COVID-19. Dia digantikan Jackie Young, rekan setim Plum di Las Vegas Aces yang bermain di WNBA.

Masuknya Young menambal lubang dengan tepat. Dia mampu membantu Timnas Amerika Serikat melaju ke final. Bersama Plum dan dua nama lain, Young sukses mengalahkan wakil Russian Olympic Committee dengan skor 18-15 pada final basket 3x3 di Olimpiade 2020.

Medali emas itu kemudian menjadi medali emas pertama Jackie Young dan Kelsey Plum di Olimpiade. Young kebetulan memang baru tampil membela Paman Sam di sana. Sementara itu, Plum pernah mendapat medali emas bersama tim 5x5 di Piala Dunia dan Kejuaraan Dunia U-19, tetapi belum pernah tampil di Olimpiade.

2. Kelsey Plum melengkapi prestasinya bersama Timnas Amerika Serikat pada 2024

Kelsey Plum (usab.com)

Kelsey Plum merupakan salah satu talenta hebat Amerika Serikat. Dia berprestasi sejak muda. San Antonio Stars pun merekrutnya lewat hak pilih urutan pertama di WNBA Draft 2017. Namun, Plum sudah tidak lagi bermain di San Antonio sejak Stars pindah ke Las Vegas dan berganti nama menjadi Las Vegas Aces.

Oleh karena kehebatannya di WNBA, Plum terpilih masuk tim 3x3 putri AS untuk Olimpiade 2020 Tokyo meski melewatkan semusim penuh karena cedera Achilles pada 2020. Dengan motivasi yang tinggi untuk bangkit dari keterpurukan, dia menjadi bagian penting kesukesan Paman Sam di Jepang. Plum bahkan tercatat sebagai pencetak poin terbanyak dengan total 55 poin.

Kelsey Plum cukup konsisten sejak menyabet emas di Olimpiade. Di level klub, dia juara WNBA bersama Aces dua kali beruntun pada 2022 dan 2023. Namanya makin melambung sehingga dipanggil tim 5x5 untuk Olimpiade 2024 Paris.

Plum juga berperan penting dalam perjalanan Timnas Amerika Serikat di nomor 5x5. Dia membantu mereka menyabet medali emas dari Timnas Prancis di Olimpiade 2024. Plum mencetak 12 poin yang 6 di antaranya berasal dari lemparan bebas. Akurasi lemparan bebasnya saat itu 100 persen.

Verified Writer

G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya