TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tim Basket Putra Selalu Menang pada Fase Grup Olimpiade 2024

Punya modal bagus untuk melakoni perempat final

Pemain timnas basket putra Amerika Serikat di Olimpiade 2024. (x.com/usabasketball)

Babak fase grup cabang olahraga basket putra 5x5 Olimpiade 2024 telah berakhir. Sebanyak delapan tim memastikan diri melaju ke perempat final. Dari jumlah tersebut, ada tiga tim yang lolos dengan rekor sempurna.

Mereka mengumpulkan enam poin hasil dari tiga kemenangan dan tidak pernah menelan kekalahan. Lantas, siapa sajakah tim yang dimaksud? Berikut daftar dan ulasannya!

1. Kanada sapu bersih kemenangan meski tergabung di grup yang berat

Pemain timnas basket putra Kanada di Olimpiade 2024. (fiba.basketball)

Timnas basket putra Kanada sedang dalam generasi emasnya. Skuad mereka diisi oleh pemain-pemain NBA yang cukup ternama, seperti Jamal Murray, Shai Gilgeous-Alexander, dan RJ Barrett. Karena faktor itu, Kanada mampu melaju ke perempat final Olimpiade 2024. Mereka bahkan lolos dengan rekor sempurna meski tergabung di grup yang berat, Grup A.

Kemenangan pertama Kanada pada fase grup Olimpiade 2024 tercipta saat melawan Yunani. Kanada sukses mengakhiri perlawanan tim yang dikomandoi oleh Giannis Antetokounmpo ini dengan skor 86-79. Pada laga kedua, Kanada berjumpa tim yang juga diperkuat banyak pemain NBA, Australia. Mereka sempat tertinggal dalam dua kuarter awal. Beruntung, Kanada mampu membalikkan keadaan di kuarter 3 dan 4 hingga akhirnya menang dengan skor 93-83.

Kanada juga menutup laga terakhir fase grup dengan kemenangan saat bersua Spanyol. Namun, mereka meraihnya dengan susah payah. Kedua tim saling kejar-mengejar poin, tetapi skor akhir tetap menjadi milik Kanada 88-85. Kanada pun keluar sebagai juara Grup A dan akan menghadapi tim tuan rumah, Prancis, pada perempat final.

2. Jerman mampu mendominasi di Grup B

Pemain timnas basket putra Jerman di Olimpiade 2024. (fiba.basketball)

Timnas basket putra Jerman datang ke Olimpiade 2024 dengan rasa percaya diri. Sebab, mereka menyandang status sebagai juara FIBA World Cup 2023. Ketangguhan Jerman pun terbukti selama babak fase grup di Grup B. Mereka meraih tiga kemenangan menyakinkan atas lawan-lawannya.

Tim pertama yang menjadi korban ialah Jepang. Jerman berhasil menumbangkan Jepang dengan selisih 20 poin, 97-77. Pada laga kedua, giliran Brasil yang dibuat tak berdaya oleh Jerman. Meski sempat tertinggal pada akhir kuarter 2, Jerman mampu bangkit hingga menutup laga dengan keunggulan 86-73.

Jerman baru bertemu lawan yang cukup berat pada laga ketiga, yaitu Prancis. Meski begitu, Jerman sukses mengatasi perlawanan tim tuan rumah tanpa kesulitan berarti. Mereka menang dengan skor 85-71. Kemenangan tersebut membuat Jerman finis di posisi teratas Grup B. Yunani akan menjadi lawan Jerman selanjutnya pada perempat final.

Verified Writer

Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya