TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Tim Basket Putra AS Bisa Rebut Emas di Olimpiade 2024

Mereka menyandang status sebagai tim tersukses #Olimpiade2024

Pemain tim basket putra Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024. (olympics.com)

Persaingan cabang olahraga bola basket putra di Olimpiade 2024 disinyalir bakal berjalan ketat. Tim-tim Eropa, seperti, Prancis, Jerman, Serbia, dan Spanyol, punya kekuatan yang setara. Namun, jika ada tim yang difavoritkan untuk meraih medali emas, jawabannya tentu tertuju kepada Timnas Amerika Serikat.

Wajar saja, Negeri Paman Sam punya reputasi mentereng dalam sejarah Olimpiade. Mereka seakan punya semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi juara. Berikut ini tiga alasan tim basket putra Amerika Serikat bisa meraih medali emas di Olimpiade 2024.

1. Mentalitas juara yang sudah terbukti

Tim basket putra Amerika Serikat meraih medali emas di Olimpiade 2020. (fiba.basketball)

Timnas Amerika Serikat bisa disebut sebagai rajanya bola basket. Negeri Paman Sam selalu merengkuh prestasi di ajang internasional, salah satunya Olimpiade. Sepanjang sejarah Olimpiade, Timnas AS turut ikut serta dalam 19 edisi dan hanya absen sekali. Itu terjadi di Olimpiade 1980 Moskow saat Amerika Serikat melakukan boikot terhadap Uni Soviet.

Dari 19 kali partisipasi tersebut, Timnas AS sukses mengoleksi 16 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Mereka setidaknya selalu menembus tiga besar. Sangat jarang tim yang bisa tampil sekonsisten itu di tiap edisi Olimpiade. Mentalitas juara Timnas AS sudah sangat terbukti.

Tentu Itu menjadi modal berharga untuk menatap Olimpiade 2024. Para pemain bisa semakin termotivasi untuk mempertahankan prestasi. Bahkan, beberapa pemain yang dibawa Timnas AS ke Olimpiade 2024 pernah meraih medali emas pada edisi sebelum-sebelumnya.

2. Turun dengan skuad terbaiknya

Pemain tim basket putra Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024. (olympics.com)

Timnas Amerika Serikat sempat alami kegagalan di FIBA World Cup 2023. Wajar saja, kala itu mereka hanya menurunkan tim yang mayoritas berisikan pemain muda. Namun, untuk Olimpiade 2024 yang dinilai lebih bergengsi, Timnas AS bakal turun dengan skuad terbaiknya. Skuad Negeri Paman Sam bahkan mendapat julukan The Avengers.

Timnas AS membawa 12 nama terbaik dari berbagai generasi. Untuk pemain senior diisi oleh LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, dan Jrue Holiday. James kembali turun tangan membantu Timnas AS setelah terakhir kali tampil di Olimpiade 2012. Curry juga bakal menjalani debut di Olimpiade. Bagi Durant, ini menjadi kali keempat berturut-turut membela Timnas AS di Olimpiade.

Selain keempat pemain di atas, Timnas AS membawa banyak pemain yang sedang dalam masa keemasannya. Mereka adalah Derrick White, Joel Embiid, Anthony Davis, Bam Adebayo, Devin Booker, dan Jayson Tatum. Kemudian, ada dua pemain muda yang ikut serta, yaitu Tyrese Halibuton dan Anthony Edwards. Nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi para penggemar bola basket.

Verified Writer

Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya