TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

A'ja Wilson, MVP Basket Putri di Olimpiade 2024 Paris

Pebasket perempuan terbaik saat ini #Olimpiade2024

A'ja Wilson (x.com/usabasketball)

Most Valuable Player (MVP) merupakan penghargaan individu paling bergengsi yang diidamkan banyak pebasket profesional. Pada tiap turnamen bola basket, akan ada satu nama terbaik yang dinobatkan sebagai MVP berkat kerja keras dan penampilannya yang luar biasa.

Begitu juga di turnamen bola basket putri di Olimpiade 2024 Paris. MVP kali ini jatuh kepada bintang basket asal Amerika Serikat, A'ja Wilson. Ia pebasket putri terbaik dari yang terbaik di ajang multicabang olahraga 4 tahunan ini.

Kehadirannya di Timnas AS di Olimpiade 2024 ini sangat vital. Tampil fenomenal, Wilson berhasil mengantarkan Negeri Paman Sam meraih medali emas ke-8 di Olimpiade. Tak hanya tampil mengagumkan di sana, Wilson juga selalu menarik perhatian pencinta dan pengamat bola basket di WNBA. Bahkan, A'ja Wilson disebut-sebut sebagai pemain basket putri terbaik saat ini.

1. A'ja Wilson sudah jadi bintang bola basket sejak di jenjang perkuliahan

A'ja Wilson (kiri) berusaha mengeblok bola lawan. (aces.wnba.com)

Karier basketnya makin mentereng di jenjang perkuliahan pada 2014/2015. A'ja Wilson bergabung dengan tim basket University of South Carolina, Gamecocks. Di bawah asuhan pelatih, Dawn Staley, Wilson berkembang menjadi pemain basket yang tangguh dan selalu menjadi andalan timnya. Tak heran, pada musim pertamanya bersama Gamecocks, ia sudah berhasil mengantongi penghargaan SEC Freshman of the Year.

Wilson bermain bersama Gamecocks selama 4 musim. Peningkatan permainannya pun makin mengesankan dari tahun ke tahun. Ia banyak meraih penghargaan bergengsi, baik tim maupun individu, yang membuatnya menjadi pemain bintang sejak di jenjang perkuliahan.

Pemain bertinggi badan 193 cm ini juga berhasil mengantarkan Gamecocks memenangkan NCAA 2017. Pada musim seniornya, Wilson bahkan panen berbagai macam penghargaan individu. Dirinya tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah liga yang meraih 3 penghargaan SEC Player of The Year, SEC Tournament MVP 2 musim berturut-turut, serta dinobatkan sebagai Consensus National Player of the Year dan All-America First Team.

Baca Juga: Gabby Williams, Best Defensive Player di Olimpiade 2024 Paris

2. Punya karier fenomenal di WNBA dan jadi pemain legendaris Las Vegas Aces

A'ja Wilson (aces.wnba.com)

Punya segudang prestasi yang luar biasa di jenjang perkuliahan membuat A'ja Wilson menjadi pilihan pertama di WNBA Draft 2018. Ia dipilih oleh Las Vegas Aces dari University of South Carolina. Kehadirannya dalam skuad Aces memberikan dampak yang signifikan. 

Meski pada musim pertamanya gagal mengantarkan Las Vegas Aces masuk playoffs, Wilson justru mendapatkan penghargaan pertamanya sebagai Rookie of the Year. Sejak kehadiran A'ja Wilson, prestasi Las Vegas Aces pun turut meningkat. Setelah 5 tahun absen dari playoffs, pada 2020, akhirnya Aces kembali merasakan atmosfer playoffs WNBA.

Selama membela Las Vegas Aces, catatan statistik A'ja Wilson selalu gemilang. Ia selalu menjadi pilihan utama sang pelatih. Pada 2024 ini, ia mencatatkan rata-rata 27,2 poin, 12 assist, dan 2,4 assist. Wilson juga telah mengukuhkan dirinya sebagai all-time leading scorer Las Vegas Aces setelah berhasil mencetak 28 poin saat mengalahkan Dallas Wings pada Juli 2024 lalu. 

A'ja Wilson memang terlahir dengan mental juara. Tiada tahun tanpa prestasi baginya. Banyak rekor dan penghargaan yang sudah ia kantongi. Bersama Las Vegas Aces, Wilson sudah berhasil dua kali memenangkan WNBA pada 2022 dan 2023. Ia menjadikan Aces sebagai tim basket WNBA pertama yang memenangkan kejuaraan 2 tahun berutrut-turut setelah 21 tahun. 

Wilson juga langganan masuk ke daftar pemain WNBA All-Star. Tercatat, ia sudah enam kali terpilih sebagai WNBA All-Star pada 2018, 2019, 2021, 2022, 2023, dan 2024. Ia juga dua kali dinobatkan sebagai MVP WNBA 2020 dan 2022 dan Defensive Player of the Year 2022 dan 2023.

Verified Writer

Karina

Writing is exploration. I write to keep my brain working.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya