TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Sassuolo yang Pindah ke Klub Serie A pada Musim Panas 2024

Mereka tidak jadi turun kasta

Martin Erlić saat menjadi kapten di Sassuolo. (instagram.com/martin.erlic)

Sassuolo bakal berlaga di Serie B atau kasta kedua Liga Italia setelah menempati posisi ke-19 di Serie A 2023/2024. Padahal, klub berjuluk I Neroverdi ini telah bertahan di Serie A selama kurang lebih 11 tahun tanpa degradasi. Tak hanya suporter, para pemain Sassuolo sendiri kecewa karena harus turun kasta.

Namun, tak semua pemain Sassuolo ikut terdegradasi. Terdapat beberapa nama yang bertahan di Serie A. Ada yang berstatus sebagai pemain pinjaman, ada juga yang memang dijual Sassuolo. Siapa saja? Berikut pemain Sassuolo yang pindah ke klub Serie A pada musim panas 2024.

1. Andrea Pinamonti dipinjam Genoa selama 1 musim

Andrea Pinamonti (instagram.com/andreapinamonti)

Andrea Pinamonti baru merapat ke Sassuolo pada musim panas 2022. Saat itu, striker berusia 25 tahun ini masih menjadi pemain pinjaman dari Inter Milan. Selama 1 musim membela Sassuolo, ia menunjukkan perkembangan yang cukup bagus. Pada awal Juli 2023, Sassuolo langsung menebusnya dari Inter Milan dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp346 miliar.

Andrea Pinamonti sendiri menjadi pembelian termahal dalam sejarah Sassuolo. Sayangnya, ia cukup seret gol dengan hanya mencetak 17 gol dari 72 laga untuk Sassuolo di berbagai kompetisi. Ia juga gagal membawa I Neroverdi bertahan di Serie A. Meski harus degradasi ke Serie B bersama Sassuolo, Pinamonti akan tetap bermain di Serie A 2024/2025. Genoa menjadi klub yang bakal meminjamnya selama 1 tahun.

2. Georgios Kyriakopoulos memilih bertahan di AC Monza

Georgios Kyriakopoulos (instagram.com/acmonza | instagram.com/giorgoskyriakopoulos77)

Georgios Kyriakopoulos tidak jadi turun kasta ke Serie B setelah AC Monza menebusnya dari Sassuolo. Gelandang asal Yunani ini mampu tampil apik saat masa peminjamannya. Perannya di lini tengah AC Monza sepanjang Serie A 2023/2024 mampu membuat permainan tim menjadi lebih hidup.

Georgios Kyriakopoulos sendiri telah bermain untuk Sassuolo sejak 2019/2020. Performanya bisa dikatakan tidak terlalu buruk saat berseragam I Neroverdi. Namun, semenjak kedatangan Pelatih Alessio Dionisi, namanya seolah tenggelam di skuad Sassuolo. Alhasil, ia lebih banyak dipinjamkan kepada beberapa klub, termasuk AC Monza.

Baca Juga: 3 Pemain RB Salzburg Terakhir yang Dilepas ke Klub Serie A Italia

3. Martin Erlić siap menjadi palang pintu utama Bologna

Martin Erlić (instagram.com/martin.erlic)

Martin Erlić merupakan palang pintu tangguh Sassuolo di Serie A 2023/2024. Sebelum menjadi pemain andalan Sassuolo, ia sempat dipinjamkan kepada klub medioker Italia, seperti Südtirol dan Spezia Calcio. Bek tengah asal Kroasia ini baru menjadi pemain reguler pada 2022/2023.

Hanya 2 musim di Sassuolo, ia gagal membawa I Neroverdi bertahan di kasta tertinggi Liga Italia. Meski begitu, penampilan Martin Erlić yang impresif menarik minat Bologna untuk memboyongnya. Bologna yang baru saja kehilangan bek andalannya langsung merekrut pemain berusia 26 tahun ini dari Sassuolo dengan nilai transfer 7 juta euro atau sekitar Rp121 miliar.

4. Davide Frattesi sudah bukan pemain pinjaman lagi di Inter Milan

Davide Frattesi (instagram.com/davidefrattesi_22)

Davide Frattesi tampil cukup apik bersama Inter Milan di Serie A 2023/2024. Setelah dipinjam dari Sassuolo, ia langsung nyetel dengan taktik yang diberikan Pelatih Simone Inzaghi. Alhasil, gelandang Timnas Italia tersebut selalu menjadi andalan Nerazzurri di Serie A 2023/2024 dengan catatan 32 penampilan, 6 gol, serta 4 assist.

Catatannya tersebut membuat Davide Frattesi dibeli Inter Milan pada musim panas 2024. Nerazzurri menggelontorkan uang senilai 29 juta euro atau sekitar Rp502 miliar untuk memermanenkan pemain berusia 24 tahun ini dari Sassuolo. Hal itu juga yang membuatnya tidak jadi turun kasta ke Serie B 2024/2025.

Degradasi tentu menjadi hal terburuk yang dirasakan pemain sepak bola. Para pemain di atas bisa dibilang cukup beruntung, mengingat mereka akan tetap bermain di Serie A 2024/2025, terutama Davide Frattesi yang bermain untuk tim besar macam Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Meraih 550 Poin Lebih dengan 1 Klub Serie A Italia

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya