TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Valentino Rossi Yakin Luca Marini Tampil Oke Bersama Repsol Honda 

Jadi pengalaman perdana memperkuat Honda

pembalap Repsol Honda, Luca Marini (flickr.com/vr46racingteam)

Luca Marini menjadi salah satu pembalap yang berganti tim di MotoGP 2024. Setelah 3 musim menghabiskan waktu di tim satelit Ducati, Marini akan bersaing di atas lintasan bersama Repsol Honda. Ini menjadi kali pertama Marini berada di tim utama pabrikan asal Jepang.

Kepindahan Marini ke Repsol Honda menyisakan sejumlah keraguan. Sebab, RC213V merupakan motor dengan performa kurang oke di MotoGP 2023. Kondisi tersebut membuat beberapa pihak skeptis terhadap laju Marini musim ini. Namun, Valentino Rossi justru yakin adik tirinya bisa mendapatkan keuntungan dari Honda. Lalu, apa yang mendasari keyakinan Rossi terhadap hal tersebut?

1. Perjalanan karier Luca Marini di MotoGP sebelum bergabung ke Repsol Honda

Luca Marini saat memperkuat Mooney VR46 Racing Team. (motogp.com)

Luca Marini menjadi amunisi baru untuk Repsol Honda di MotoGP 2024. Ia mengisi posisi Marc Marquez yang memutuskan pindah ke Gresini Racing. Kontrak pembalap asal Italia tersebut dengan Repsol Honda hanya berlangsung hingga pengujung tahun ini.

Sebelum berlabuh ke Repsol Honda, Marini lebih dahulu menunggangi motor Ducati Desmosedici di SKY VR46 Esponsorama pada 2021. Kemudian, petualangan Marini di kelas utama berlanjut bersama Mooney VR46 Racing Team pada 2022--2023. Prestasi terbaik Marini ketika memacu Desmosedici adalah finis runner-up di GP Amerika Serikat 2023.

MotoGP 2023 menjadi musim terbaik Marini dalam hal posisi di klasemen pembalap. Ia bertengger di peringkat kedelapan lewat perolehan 201 poin. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada 2022 ketika mengoleksi 120 poin.

Baca Juga: Optimisme Fabio Di Giannantonio di MotoGP 2024

2. Keputusan Luca Marini pindah ke Repsol Honda menyisakan keraguan, apa sebabnya?

Luca Marini saat menjalani tes di Valencia pada November 2023. (motogp.com)

Status sebagai pembalap satelit Ducati resmi ditanggalkan Luca Marini di MotoGP 2024. Sebab, ia kini menjadi pembalap tim utama Honda. Akan tetapi, keputusan Marini meninggalkan Ducati mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Marini dinilai mengambil risiko dengan mengambil kesempatan menjadi bagian dari Honda. Padahal, Honda sedang mengalami fase kurang baik selama beberapa waktu terakhir. RC213V memiliki performa yang jauh berbeda dibandingkan dengan Desmosedici. Itu dapat terlihat dari hasil yang didapat Honda saat menjalani pekan balap.

Pada 2023, Honda hanya memperoleh satu kemenangan lewat Alex Rins yang memperkuat LCR Honda di GP Amerika Serikat. Itu menjadi kemenangan perdana Honda setelah terakhir kali terjadi saat GP Emilia Romagna 2021. Bahkan, Honda tak merasakan kemenangan saat menjalani MotoGP 2022.

Posisi Honda di klasemen konstruktor MotoGP 2023 jauh dari memuaskan. Mereka ada di peringkat paling buncit dengan perolehan 185 poin. Pada 2022, Honda juga menempati posisi paling belakang setelah mengumpulkan 155 poin. 

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya