TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Somkiat Chantra Bahagia Dapat Kursi Balap di MotoGP 2025

Bakal memperkuat LCR Honda

Somkiat Chantra (kiri) berfoto bersama Lucio Cecchinello. (motogp.com)

Susunan pembalap MotoGP 2025 semakin lengkap seiring waktu berjalan. Terbaru, Somkiat Chantra resmi memperkuat LCR Honda menggantikan Takaaki Nakagami yang akan mengemban tugas sebagai development rider HRC. Kabar tersebut tentu disambut gembira oleh Chantra.

Mimpi Chantra untuk berkiprah di MotoGP akhirnya menjadi kenyataan. Apalagi, Chantra menjadi pembalap Thailand pertama yang turun di kelas utama tersebut. Lantas, seperti apa perjalanan Chantra di kejuaraan balap motor hingga akhirnya mendapatkan kursi balap di MotoGP?

1. Perjalanan karier Somkiat Chantra sebelum debut di MotoGP 2025

Somkiat Chantra menyemprot sampanye di podium Moto2 Thailand 2023. (motogp.com)

Pada 2015, Somkiat Chantra menjadi salah satu pembalap yang ikut dalam ajang Asia Talent Cup. Pada waktu itu, Chantra hanya mengikuti empat balapan lantaran mengalami cedera sehingga absen hingga akhir kejuaraan. Semusim berselang menjadi cerita manis untuknya. Chantra berhasil merengkuh gelar juara Asia Talent Cup setelah mengoleksi 178 poin.

Kiprah Chantra berlanjut ke CEV Moto3 yang kini berganti nama menjadi JuniorGP. Prestasi terbaiknya dalam ajang tersebut adalah menempati peringkat kesembilan pada 2018. Chantra juga sempat turun di kelas Moto3 bersama AP Honda Racing Thailand dalam pekan balap GP Thailand 2018. Ia sukses mengantongi 7 poin setelah finis di posisi kesembilan.

Pada 2019, ia menjalani debut di Moto2 bersama Honda Team Asia. Tahun ini menjadi musim keenam Chantra berada di tim tersebut dalam kelas intermediate. Adapun prestasi terbaiknya saat balapan adalah finis pertama di GP Indonesia 2022 dan GP Jepang 2023. Peringkat terbaik Chantra di klasemen Moto2 sejauh ini adalah posisi keenam pada 2023.

2. Chantra cerita dirinya tahu akan naik ke MotoGP setelah GP Austria

Somkiat Chantra tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah memastikan satu kursi balap di MotoGP 2025. Pembalap berusia 25 tahun itu bilang dirinya tahu akan naik ke kelas utama pada pekan setelah gelaran GP Austria. Meski begitu, pengumuman kepada publik secara resmi disampaikan pada Kamis (30/8/2024) malam WIB.

“Pekan lalu aku tahu bahwa diriku akan menuju MotoGP. Aku sangat senang ketika tahu aku akan ke sana tahun depan. Aku sangat senang. Aku menangis dan menelepon ibuku,” kata Chantra dilansir Crash.

Baca Juga: Johann Zarco Ubah Ekspektasi saat Perkuat LCR Honda di MotoGP 2024

3. Tekad Chantra menyongsong debut di MotoGP 2025

Somkiat Chantra (kiri) berfoto bersama Aleix Espargaro setelah sesi konferensi pers jelang GP Aragon 2024. (motogp.com)

Melanjutkan karier balap ke kelas MotoGP menjadi cita-cita Somkiat Chantra. Kesempatan yang hadir di depan mata tak ingin disia-siakan olehnya. Chantra berkomitmen untuk belajar serta memberikan kemampuan terbaiknya saat memperkuat LCR Honda musim depan. Chantra juga berharap kehadiran Aleix Espargaro sebagai pembalap HRC dapat membantu dirinya beradaptasi selama memacu motor RC213V.

“Aleix Espargaro akan menjadi pembalap tes HRC untuk tahun depan. Aku harap dia akan membantuku. Motor Moto2 dan MotoGP pastinya berbeda dan juga memiliki banyak elemen elektronik. Aku rasa di Valencia kami akan akan menguji dan aku akan mencoba mempelajari tentang perbedaan yang ada serta melihat pada sejumlah video,” jelas Chantra.

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya