TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sergio Perez Kesulitan Imbangi Performa Max Verstappen di F1 2023

Perez hanya mampu menang dua kali

Sergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Sergio Perez menutup Formula 1 2023 dengan berada di posisi kedua dalam klasemen pembalap. Ia mengantongi 285 poin dari 22 seri balap yang digelar. Menempati posisi kedua di klasemen pembalap merupakan capaian terbaik Perez sepanjang berkiprah di Formula 1.

Meski begitu, Perez kesulitan mengimbangi performa Max Verstappen sepanjang Formula 1 2023. Itu terlihat dari sejumlah aspek saat kedua pembalap dibandingkan. Bahkan, Christian Horner selaku team principal Red Bull menilai Perez memiliki pekerjaan tersulit di kejuaraan karena usahanya untuk menyamai kinerja Verstappen.

1. Sergio Perez kalah dominan dari Max Verstappen di Formula 1 2023

Sergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Penampilan Sergio Perez di Formula 1 2023 sebetulnya tak terlalu buruk. Pembalap asal Meksiko itu mampu meraih dua kemenangan di GP Arab Saudi dan Azerbaijan. Selain itu, Perez berhasil mendapatkan pole position saat sesi kualifikasi di GP Arab Saudi dan Miami.

Sayangnya, grafik performa Perez mengalami penurunan di GP Monako ketika harus puas menyudahi balapan di posisi ke-16. Sejak saat itu, Perez kesulitan untuk mendulang kemenangan. Prestasi terbaiknya setelah GP Monako adalah finis kedua di GP Belgia dan Italia.

Di sisi lain, Max Verstappen tampil perkasa di balik kemudi RB19. Pembalap asal Belanda itu sukses 19 dari 22 seri balap pada 2023. Verstappen juga tercatat menduduki posisi start terdepan sebanyak 12 kali. Pada akhirnya, gelar juara dunia Formula 1 kembali diraih Verstappen untuk kali ketiga secara beruntun.

Verstappen juga menciptakan rekor menyusul kinerja gemilangnya di Formula 1. Salah satunya adalah jarak poin terjauh antara pembalap posisi pertama dan kedua di klasemen pembalap. Verstappen menciptakan jarak 290 poin dari Perez. Kesenjangan sebesar itu mampu mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Sebastian Vettel saat mengungguli Fernando Alonso dengan jarak 155 poin pada 2013 silam.

Baca Juga: Hubungan Sergio Perez dan Max Verstappen Membaik saat Formula 1 2023

2. Sergio Perez perlu ketangguhan mental untuk mengejar ketertinggalan dari Max Verstappen

pembalap Red Bull, Sergio Perez (formula1.com)

Kesulitan Sergio Perez mengejar ketertinggalan dari Max Verstappen disadari oleh Christian Horner. Pria yang menjabat sebagai team principal Red Bull sejak 2005 menilai Perez butuh ketangguhan mental sangat tinggi jika ingin melawan Verstappen. Sebab, penampilan Verstappen di lintasan makin meningkat seiring waktu. Itu ditambah dengan semangat Verstappen yang tak kenal lelah dalam mengejar hasil terbaik.

"Verstappen beroperasi pada level tinggi dan dia tak kenal lelah. Jadi, ketangguhan mental yang Anda butuhkan untuk berhadapan dengan itu tiap kali melihat data akan seperti, 'Bagaimana dia melakukannya?' Membutuhkan kekuatan karakter tertentu untuk bisa menghadapinya.

Dengan performa dalam 3 atau 4 tahun terakhir, dia berada di level tinggi dan itu menjadi hal sulit bagi pembalap mana pun. Bagi atlet, kekuatan mental selalu memainkan peran penting," kata Christian Horner dilansir Racing News 365.

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya