TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MotoGP Kembali Gelar Balapan di Sirkuit Brno pada 2025

Terakhir gelar balapan pada 2020

tampilan Sirkuit Brno dari sisi atas (x.com/MotoGP)

Penggemar MotoGP di Ceko akan kembali mendapatkan suguhan. Sirkuit Brno resmi akan menggelar MotoGP mulai pada 2025. Sirkuit Brno berniat menyajikan persaingan di kejuaraan selama 5 musim ke depan, yang berlaku hingga 2029.

Pengumuman tersebut disambut hangat otoritas Ceko dan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP. Apalagi, GP Ceko telah absen sejak 2021. Lantas, seperti apa sejarah Sirkuit Brno yang menjadi salah satu sirkuit legendaris di MotoGP?

1. Sirkuit Brno salah satu sirkuit klasik di MotoGP

salah satu sudut Automotodrom Brno pada malam hari (automotodrombrno.cz)

Brno sudah tak asing dengan gelaran MotoGP. Kota berpenduduk sekitar 380 ribu jiwa itu menjadi tuan rumah MotoGP mulai pada 1965. Pada awalnya, balapan digelar di sirkuit jalanan di kota tersebut. Kemudian, Automotodrom Brno melangsungkan debutnya sebagai tuan rumah GP Ceko pada 1987.

Automotodrom Brno rutin masuk kalender MotoGP pada 1987—2020. Sirkuit itu hanya sekali absen pada 1992. Lebih dari 200 ribu penggemar kerap hadir langsung menyaksikan pembalap jagoan mereka beradu cepat di lintasan.

GP Ceko sejatinya berpeluang masuk kalender balap MotoGP 2021. Kepastian itu bergantung kepada penyelesaian pengaspalan ulang trek yang diminta pembalap demi alasan keamanan. Sayangnya, keuangan sirkuit tak membaik akibat pandemik COVID-19. Situasi diperparah dana pemerintah yang tak tersedia guna mengisi kekosongan yang ada.

Alhasil, GP Ceko tak lagi muncul di kalender balap. Kemudian, Automotodrom Brno berpindah tangan sejak tahun lalu. Karel Hubacek membeli sirkuit dari perusahaan yang dimiliki Karel Abraham Sr. Pemilik perusahaan tersebut merupakan ayah dari mantan pembalap MotoGP, Karel Abraham.

2. Perdana Menteri Ceko menyambut gembira gelaran MotoGP di negaranya

Kembalinya Ceko ke kalender balap MotoGP mendapat sambutan hangat dari Petr Fiala. Ia mengaku senang tradisi melangsungkan balapan MotoGP kembali berlanjut mulai tahun depan. Perdana Menteri Ceko itu menyebut gelaran MotoGP akan mendatangkan banyak wisatawan ke negaranya.

“Balapan motor punya tradisi di Sirkuit Brno Masaryk sejak 1950-an. MotoGP adalah acara global bergengsi yang membawa puluhan ribu pengunjung ke Republik Ceko, khususnya ke Moravia Selatan, yang sebagian besar berasal dari luar negeri. Aku sangat senang kami bisa melanjutkan tradisi ini dan balapan MotoGP akan kembali ke Brno setelah 5 tahun,” kata Fiala dilansir MotoGP.

Baca Juga: 3 Cara Nonton Live Streaming MotoGP Legal, Ada yang Gratis

3. Karel Hubacek senang negosiasi dengan Dorna Sports berjalan lancar

suasana konferensi pers pengumuman kembalinya GP Republik Ceko ke kalender MotoGP (automotodrombrno.cz)

Karel Hubacek yang menjabat sebagai ketua dewan komisaris Automotodrom Brno senang dapat menyelesaikan negosiasi untuk kembali menggelar balapan MotoGP. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah terlibat, termasuk Czech Republic Autoklub dan Dorna Sports. Pihak Automotodrom Brno akan melanjutkan persiapan demi menyambut MotoGP yang digelar musim depan.

“Aku senang dengan kesuksesan negosiasi yang merupakan hasil dari pendekatan konstruktif semua pihak yang terlibat. Aku ingin berterima kasih kepada Autoklub of the Czech Republic dan Dorna Sports atas dukungan tulus mereka terhadap ide membawa Sirkuit Brno kembali ke peta kejuaraan motor paling bergengsi. Pada waktu yang sama, aku sangat menghargai sikap baik dari pemerintah, wilayah Moravia Selatan, dan kota Brno. Saat ini, kami sepenuhnya berfokus pada fase persiapan penting berikutnya untuk memastikan agar penggemar memperoleh pengalaman luar biasa,” jelas Hubacek dikutip MotoGP.

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya