TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Max Verstappen Terkejut dengan Konsep RB20 yang Diambil Red Bull

Red Bull jadi tim terakhir yang merilis mobil versi 2024

pembalap Red Bull, Max Verstappen (twitter.com/Max33Verstappen)

Red Bull menjadi tim yang menutup parade peluncuran mobil Formula 1 2024. Tim yang dipimpin Christian Horner tersebut resmi merilis RB20 pada Jumat (16/2/2024) dini hari WIB. Tak ada perubahan corak warna pada bodi mobil yang nantinya bakal dipakai Max Verstappen dan Sergio Perez. Meski begitu, terdapat sejumlah perubahan yang menarik perhatian banyak pihak, tak terkecuali Verstappen.

Pembalap berkebangsaan Belanda itu terkejut dengan arah konsep yang dipilih Red Bull untuk RB20. Seperti apa, sih, perubahan yang dilakukan Red Bull kepada RB20 dibandingkan dengan mobil musim lalu? Coba simak uraian di bawah ini, ya!

1. Sejumlah perubahan terlihat pada RB20, salah satunya inlet sidepod

tampilan depan serta samping mobil RB19 dan RB20 (twitter.com/F1)

RB20 masih menggunakan corak warna biru dongker dengan sejumlah aksen warna kuning dan merah di sejumlah bagian bodi mobil. RB20 juga tetap memakai suspensi depan bertipe pull-rod seperti yang ada pada mobil RB19. Downwash sidepod yang digunakan musim lalu kembali dipilih Red Bull untuk mobil terbaru mereka.

Meski begitu, ada sejumlah perubahan pada RB20 jika dibandingkan dengan RB19. Ujung hidung mobil RB20 kini menempel pada main plane sayap depan. Kemudian, bagian engine cover dan sirip RB20 yang berlokasi dekat dengan sayap belakang juga mengalami perubahan. Akan tetapi, perubahan yang menjadi perhatian banyak orang adalah pada bagian inlet sidepod.

Jika tim-tim lain menyematkan inlet sidepod horizontal, maka Red Bull justru memilih menerapkan model vertikal. Bentuk inlet sidepod RB20 mirip seperti zeropod Mercedes W14 yang dipakai pada musim lalu sebelum diganti saat GP Monako 2023. Dilansir Racing News 365, Red Bull mencapai tujuan untuk menangkap aliran udara pada bagian bawah sasis mobil yang dialihkan wishbone suspensi depan dari adanya perubahan tersebut.

Baca Juga: Adrian Newey Puji Mentalitas Max Verstappen saat Jalani F1 2023

2. Komentar Max Verstappen perihal arah desain yang diusung Red Bull musim ini

Max Verstappen berpose dengan RB20. (formula1.com)

Langkah Red Bull untuk pengembangan mobil RB20 mendapat tanggapan Max Verstappen. Juara Formula 1 2023 itu mengaku terkejut dengan arah desain yang diusung Red Bull. Walau begitu, Verstappen tak khawatir terhadap perubahan yang terdapat pada RB20.

“Aku cukup senang dengan arah yang mereka pilih. Aku melihat gambar-gambarnya di Abu Dhabi. Aku merasa itu sangat berbeda. Mereka tidak konservatif, katakanlah seperti itu.

Aku pikir apa yang aku suka tentang tim ini adalah kami punya paket yang luar biasa. Namun, mereka mengambil kesempatan untuk benar-benar berupaya sekuat tenaga dan mencobanya lebih baik. Tentu saja, waktu akan menjawab apakah hal ini benar-benar bagus,” kata Verstappen dikutip Pitpass.

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya