TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Marco Bezzecchi Alami Masalah pada Windshield di GP Jepang

Marco Bezzecchi gagal naik podium

pembalap Mooney VR46 Racing Team Marco Bezzecchi (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi gagal naik podium saat main race MotoGP Jepang yang digelar pada Minggu (1/10/2023) siang WIB. Pembalap Mooney VR46 itu harus puas finis di posisi keempat dalam balapan yang harus terhenti pada lap 13. Balapan di Sirkuit Motegi itu tak berlanjut akibat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Bezzecchi mengungkapkan apa yang dialami sepanjang balapan. Ia mengaku mengalami masalah pada bagian windshield motornya saat hujan mengguyur sirkuit. Hal tersebut menyebabkan visibilitas pembalap asal Italia itu berkurang.

1. Marco Bezzecchi finis di posisi keempat saat main race GP Jepang

Marco Bezzecchi berada di depan dua pembalap saat main race GP Jepang 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Main race MotoGP Jepang berlangsung dengan kondisi hujan sejak lap pertama. Marco Bezzecchi yang memulai balapan dari posisi keempat langsung dihadapkan dengan kondisi tidak menguntungkan. Bezzecchi terlibat kontak dengan Maverick Vinales dan Johann Zarco di tikungan pertama. Bezzecchi dan Zarco masih bisa berada di atas motor, sedangkan Vinales terjatuh walau pada akhirnya tetap bisa melanjutkan balapan.

Selepas itu, Bezzecchi masuk ke pit untuk mengganti motor pada penghujung lap pertama. Sempat berada di depan Francesco Bagnaia setelah pergantian motor, Bezzecchi harus rela posisi ketiga miliknya diambil alih pembalap Ducati Lenovo itu pada lap kelima. Tak lama berselang, Marc Marquez melorot ke posisi kelima dan berada tepat di belakang Bezzecchi.

Pada lap ketujuh, Bezzecchi naik ke posisi ketiga usai menyalip Aleix Espargaro. Akan tetapi, Bezzecchi tak bisa mempertahankan posisinya usai disalip Marc Marquez pada lap 12. Satu lap berselang, balapan dihentikan karena kondisi cuaca yang buruk. Sempat dilakukan warm-up untuk melanjutkan balapan, tetapi balapan harus disudahi mengingat kondisi yang kian tidak memungkinkan.

Baca Juga: Valentino Rossi Yakin Marco Bezzecchi Bakal Bertahan di VR46

2. Marco Bezzecchi mengalami masalah pada ban belakang saat awal balapan

bagian belakang motor Marco Bezzecchi (kiri) saat main race GP Jepang 2023 (flickr.com/photos)

Marco Bezzecchi menceritakan kejadian pada tikungan pertama saat awal balapan. Ia merasakan ada kendala pada ban belakang motornya. Bezzecchi juga nyaris menabrak Francesco Bagnaia yang pada prosesnya justru mengalami kontak dengan Johann Zarco dan Maverick Vinales.

“Start balapku tidak buruk, tetapi ban belakangku tergelincir di tikungan pertama. Aku nyaris melewati Bagnaia. Jika aku menabraknya, maka itu akan jadi insiden jatuh yang liar. Namun, aku menyentuh orang lain. Aku minta maaf, tetapi aku tak bisa berbuat apa pun,” kata Bezzecchi dilansir Speedweek.

3. Marco Bezzecchi juga mengalami kendala pada windshield

Marco Bezzecchi saat menjalani main race GP Jepang 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi juga mengeluhkan adanya masalah pada jarak pandang. Pembalap bernomor motor 72 itu merasakan ada yang tidak beres pada windshield motornya. Meski tidak berkabut, Bezzecchi tetap kesulitan melihat dari balik windshield.

“Aku punya masalah dengan windshield. Itu tidak berkabut, tetapi sesuatu terjadi pada air itu. Sangat sulit melihat apa pun. Aku pikir sulit bagi semua orang dengan cipratan, tetapi aku juga punya sedikit masalah dengan ini dan Marc Marquez menyalipku.

Dua lap kemudian red flag dikibarkan. Aku segera tahu aku kehilangan posisi podium. Aku tahu mereka akan mengizinkan kami melakukan restart, tetapi itu tak ada gunanya karena kondisinya gelap dan ada air di trek,” jelas Bezzecchi.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya