TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Marc Marquez Kurang Terkesan dengan Prototipe RC213V 2024

Marc Marquez temukan sejumlah masalah

pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (motogp.hondaracingcorporation.com)

MotoGP menggelar tes resmi di Sirkuit Misano pada Senin (11/9/2023). Para pabrikan dan pembalap menjajal sejumlah komponen motor guna mendapat gambaran perkembangan performa motor untuk 2024. Marc Marquez juga ikut serta dalam tes resmi kali ini.

Marc Marquez kurang terkesan dengan prototipe RC213V 2024. Pembalap Repsol Honda itu mengaku ada sejumlah masalah yang masih ditemukan selama memacu motor itu di Sirkuit Misano. Lantas, apa kendala yang dirasakan Marc Marquez selama menjajal prototipe RC213V 2024?

1. Marc Marquez gagal masuk sepuluh besar saat tes di Sirkuit Misano

Marc Marquez saat menjalani tes Misano 2023. (motogp.com)

Marc Marquez mendapati hasil kurang oke saat tes resmi di Sirkuit Misano pada sesi pertama. Ia berada di posisi ke-17 dengan catatan waktu 1 menit 32,187 detik. Marc Marquez terpaut 1,023 detik dari Luca Marini yang tampil cepat pada sesi tersebut hingga menjelang jam makan siang.

Marc Marquez kembali memacu motor setelah jeda makan siang. Pembalap bernomor motor 93 itu mampu mengakhiri sesi kedua tes Misano dengan torehan waktu 1 menit 31,757 detik. Hasil tersebut lebih baik ketimbang sesi pertama, tetapi belum menempatkan Marc Marquez di posisi sepuluh besar dalam catatan waktu tes.

Baca Juga: Marc Marquez: ALL IN, Dokumenter Perjuangan The Baby Alien!

2. Marc Marquez mengungkapkan sejumlah hal setelah jajal prototipe RC213V 2024

Marc Marquez saat menjalani tes Misano 2023. (motogp.com)

Setelah menjajal prototipe RC213V 2024, Marc Marquez mengungkapkan sejumlah hal. Ia mengaku sasis baru yang dicoba Honda dalam tes kali ini membutuhkan gaya balap yang berbeda. Selain itu, kakak kandung Alex Marquez itu juga menilai masalah pada motor prototipe sama seperti yang dirinya rasakan saat memacu RC213V 2023. Marc Marquez masih merasakan kurangnya daya cengkeram bagian belakang motor.

“Gaya balap sangat berbeda. Pada akhirnya, masalahnya kurang lebih sama sehingga kami perlu untuk bekerja lebih banyak. Sedikit berbeda dalam posisi berkendara. Pada awalnya sedikit aneh, tetapi setelah putaran demi putaran itu menjadi lebih alami.

Pada akhirnya, cara berkendara dan mencari waktu putaran sangat mirip dengan yang ada saat ini. Tentu saja Anda selalu berharap lebih. Namun, itu masih kesan pertama dan ada banyak insinyur baru di garasi. Sekarang, mereka harus bekerja dan bergerak maju dengan informasi itu,” kata Marc Marquez dilansir Crash.

3. Marc Marquez meminta Honda untuk terus bekerja menyongsong tes Valencia

Marc Marquez saat menjalani tes Misano 2023. (twitter.com/HRC_MotoGP)

Marc Marquez meyakini, beberapa elemen pada prototipe RC213V 2024 yang dijajalnya adalah ciptaan sejumlah insinyur baru di Honda. Walau begitu, Marc Marquez tetap meminta pabrikan asal Jepang itu untuk terus bekerja pada proyek baru ini. Sebab, tes Valencia akan digelar pada akhir November 2023 mendatang sehingga yang dimiliki Honda tak terlalu banyak.

“Ya, kami punya banyak insinyur muda dan tampaknya produk baru itu adalah kreasi mereka. Akan tetapi, mereka harus terus bekerja sekarang pada proyek baru ini. Anda tak punya banyak waktu sebelum tes Valencia karena hanya 2 bulan. Mari kita tunggu dan lihat apakah mereka bisa membuat kemajuan pada saat itu,” ujar Marc Marquez dikutip Speedweek.

Baca Juga: Presiden HRC Tak Ingin Memaksa Marc Marquez Bertahan di Honda

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya