TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenangan Spesial untuk Ivan Ortola di Moto3 GP Inggris 2024

Bertepatan dengan hari ulang tahun Ortola

Ivan Ortola mengangkat trofi usai finis pertama di Moto3 Inggris 2024. (motogp.com)

Ivan Ortola tersenyum lebar selepas balapan Moto3 GP Inggris 2024. Pembalap MT Helmets-MSI itu sukses meraih kemenangan dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (4/8/2024) sore WIB. Ia berhasil finis di depan David Alonso yang notabene pemuncak klasemen sementara.

Kemenangan Ortola di Sirkuit Silverstone terasa spesial. Itu terjadi karena bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-20. Lalu, seperti apa perjuangan Ortola selama pekan balap GP Inggris kali ini?

1. Ivan Ortola berhasil raih pole position Moto3 GP Inggris 2024

Ivan Ortola saat menjalani balapan Moto3 Inggris 2024. (motogp.com)

Ivan Ortola memulai pekan balap GP Inggris dengan cukup baik. Ia berhasil menduduki posisi ketiga dalam kombinasi catatan waktu latihan dengan torehan 2 menit 9,952 detik. Posisi tersebut membuat Ortola melenggang langsung ke sesi kualifikasi kedua (Q2).

Performa oke Ivan Ortola kembali terlihat saat Q2. Ia berhasil mengamankan pole position lewat catatan waktu 2 menit 9,270 detik. Ortola berselisih 0,041 detik dari Collin Veijer. Ini menjadi pole position kedua pada musim ini setelah sebelumnya diraih saat GP Catalunya.

2. Sempat kehilangan posisi pimpinan balapan, Ivan Ortola finis di depan David Alonso

Ivan Ortola berada di posisi terdepan saat balapan Moto3 Inggris 2024. (motogp.com)

Ivan Ortola memulai balapan dengan baik dengan berhasil memimpin selepas lampu start padam. Namun, posisi terdepan berpindah tangan ke Joel Kelso pada lap yang sama. Ortola melorot ke posisi ketiga pada lap kedua usai disalip Daniel Holgado.

Saat berusaha mengejar Holgado dan Kelso, Ortola justru kembali turun ke posisi keempat setelah Stefano Nepa mengasapinya pada lap keempat. Berselang satu lap, Ortola berhasil kembali naik ke posisi kedua. Ortola kembali memimpin balapan pada lap keenam.

Ortola kembali harus kehilangan posisi pimpinan balapan pada lap kedelapan dan bercokol di posisi keempat. Pembalap bernomor motor 48 itu kembali memimpin balapan pada lap kesepuluh. Akan tetapi, Ortola kembali turun ke posisi ketiga saat balapan menyisakan tiga lap. Kegigihan Ortola berbuah hasil pada lap pemungkas dengan menyalip David Alonso dan Collin Veijer. Ia menutup balapan dengan keunggulan 0,123 detik dari David Alonso.

3. Ivan Ortola sambut gembira kemenangannya di GP Inggris 2024

Ivan Ortola berpose di samping motor miliknya selepas balapan GP Inggris 2024. (motogp.com)

Ivan Ortola menyambut gembira keberhasilan finis terdepan di GP Inggris kali ini. Apalagi, ia sempat terlibat pertarungan dengan Collin Veijer pada lap terakhir. Rekan setim Ryusei Yamanaka itu berhasil mengudeta posisi pertama setelah menyalip Veijer di tikungan Maggots. Ortola tak lupa mengapresiasi kerja keras timnya selama pekan balap di Silverstone.

“Aku tidak memperkirakan itu (menyalip Veijer). Itu karena saat aku tiba di lurusan pertama, aku menunggu momen menyalip karena slipstream. Namun, aku melakukannya di sektor terakhir dengan sangat bagus. Aku senang dengan kemenangan ini. Aku berterima kasih kepada tim karena mereka melakukan pekerjaan luar biasa,” kata Ortola dalam wawancara selepas balapan.

Finis terdepan di GP Inggris menjadi kemenangan kedua Ortola di Moto3 2024. Sebelumnya, Ortola berhasil naik podium tertinggi di GP Belanda. Secara keseluruhan, Ortola telah mengemas empat kemenangan selama berkiprah di Moto3 sejak 2022. Tambahan 25 poin membuat Ortola tetap berada di posisi kedua dengan koleksi 146 poin. Ia tertinggal 53 poin dari David Alonso yang menduduki posisi puncak klasemen.

Moto3 2024 akan menggelar seri balap kesebelas di Red Bull, Austria, pada 16–18 Agustus 2024. Akankah Ivan Ortola melanjutkan tren positifnya pada seri berikutnya? Terlepas dari itu, pria kelahiran 4 Agustus 2000 itu meraih kado spesial pada hari ulang tahunnya, yaitu berdiri di podium teratas dalam balapan di sirkuit Silverstone.

Baca Juga: Rekap Klasemen Sementara Moto3 2024, Siapa Memimpin?

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya