TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jose Antonio Rueda Catatkan Sejarah di Moto3 GP Aragon

Menang di hadapan publik negara sendiri

Jose Antonio Rueda berselebrasi di podium Moto3 Aragon 2024. (motogp.com)

Intinya Sih...

  • Jose Antonio Rueda meraih kemenangan perdana di Moto3 GP Aragon
  • Rueda adalah pembalap ke-400 yang memenangkan grand prix, mengukir sejarah dalam kejuaraan balap
  • Fadillah Arbi Aditama turun sebagai pembalap wildcard di Moto3 GP Aragon bersama Astra Honda Team Asia

Jose Antonio Rueda tampak gembira selepas balapan Moto3 GP Aragon yang digelar pada, Minggu (1/9/2024) sore WIB. Pembalap Red Bull KTM Ajo itu sukses meraih kemenangan dalam balapan di hadapan publik negaranya sendiri. Prestasi tersebut menjadi momen spesial untuk Rueda.

Rueda untuk kali pertama berhasil merengkuh kemenangan perdana di kelas Moto3. Selain itu, Rueda merupakan pembalap ke-400 yang menyabet kemenangan grand prix. Hasil yang tentunya tercatat dalam sejarah kejuaraan.

1. Antonio Rueda ungguli Collin Veijer untuk raih kemenangan di Moto3 Aragon 2024

Jose Antonio Rueda saat menjalani balapan Moto3 Aragon 2024. (motogp.com)

Memulai balapan dari posisi kedua, Jose Antonio Rueda sempat melorot ke posisi ketujuh pada lap pertama. Dua lap berselang, Rueda mampu memperbaiki kedudukannya sehingga berada di posisi keempat. Sayangnya, pembalap bernomor motor 99 itu disalip Luca Lunetta sehingga turun ke posisi kelima.

Rueda tak mengendurkan usaha untuk kembali ke posisi tiga besar. Rueda berhasil menyalip Taiyo Furusato pada tikungan terakhir pada lap kesembilan untuk berada di posisi keempat. Tak butuh waktu lama untuk Rueda kembali ke posisi tiga besar setelah dirinya mengasapi Lunetta pada lap kesebelas.

Sempat terpisah jarak 1,7 detik dari David Alonso, Rueda berhasil mengudeta posisi kedua dari pembalap berkebangsaan Kolombia tersebut pada lap 12. Pengejaran Rueda tak berhenti begitu saja. Ia merebut pimpinan balapan dari Collin Veijer pada lap 13. Selepas itu, Rueda terus menjauh dari kejaran Veijer hingga bendera chequered dikibarkan. Rueda finis dengan keunggulan 1,985 detik atas Veijer.

Baca Juga: Somkiat Chantra Bahagia Dapat Kursi Balap di MotoGP 2025

2. Antonio Rueda tak menyangka atas pencapaiannya di Aragon

Jose Antonio Rueda berfoto selepas balapan Moto3 Aragon 2024. (motogp.com)

Jose Antonio Rueda tak menyangka dengan capaian yang berhasil didapatkannya di GP Aragon. Saat sesi wawancara di parc ferme, pembalap berusia 18 tahun itu terlihat masih terkejut dengan kemenangan yang diperoleh dalam balapan di negaranya sendiri. Baginya, hasil di GP Aragon menjadi momen sangat istimewa.

“Ini sangat istimewa. Aku ingin berterima kasih kepada temanku yang sangat membantuku, mendorongku, dan aku ingin mendedikasikan kemenangan ini untuknya. Aku sangat senang dan berterima kasih kepada tim serta semua orang yang telah mendukungku. Itu sangat istimewa untukku, terlebih lagi di sirkuit ini. Aku tak tahu apa yang harus dikatakan, tapi ini luar biasa,” kata Rueda dilansir Motorcycle Sports.

Tambahan 25 poin membuat Rueda berada di posisi keenam klasemen pembalap Moto3 dengan koleksi 99 poin. Sementara itu, David Alonso tetap bertengger di posisi puncak lewat perolehan 237 poin. David Alonso unggul 75 poin atas Collin Veijer.

3. Arbi Aditama turun di Moto3 Aragon 2024 sebagai pembalap wildcard

Arbi Aditama saat menjalani pekan balap Moto3 Aragon 2024. (x.com/honda_team_asia)

Moto3 GP Aragon juga menjadi momen Fadillah Arbi Aditama yang turun sebagai pembalap wildcard bersama Astra Honda Team Asia. Ini menjadi kali kedua Arbi Aditama berpartisipasi dalam pekan balap Moto3 2024. Sebelumnya, pembalap berusia 19 tahun itu turun di GP Catalunya dengan hasil akhir finis posisi ke-23.

Arbi Aditama memulai pekan balap di Aragon dengan berada di posisi ke-24 dalam sesi latihan, Jumat (30/8/2024) pagi waktu setempat. Kemudian, ia menyudahi sesi latihan Jumat siang di posisi ke-27. Sehari berselang, Arbi Aditama merampungkan sesi latihan, Sabtu (31/8/2024) pagi waktu Aragon di posisi ke-14.

Berselang beberapa jam, Arbi Aditama menjalani sesi kualifikasi pertama (Q1) dengan hasil akhir berada di posisi kedelapan. Itu artinya, Arbi Aditama memulai balapan di posisi ke-22. Adapun hasil akhir balapan untuk Arbi Aditama adalah finis ke-22 pada Moto3 GP Aragon 2024.

Baca Juga: Mengingat 4 Pemenang Balapan MotoGP 2004, Ada Pembalap Jepang

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya