TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nico Hulkenberg Ingin Kevin Magnussen Bertahan di Haas pada 2025

Haas belum beri kepastian kepada Magnussen

pembalap Haas, Kevin Magnussen (formula1.com)

Bursa pembalap Formula 1 2025 terus jadi pembicaraan hangat. Terdapat sejumlah kursi balap yang belum terisi, termasuk Haas. Tim yang dipimpin Ayao Komatsu itu baru meresmikan Oliver Bearman sebagai pembalap mereka musim depan. Masih ada satu kursi tersisa yang belum terisi di Haas.

Sejumlah nama dikaitkan dengan Haas, salah satunya Esteban Ocon. Pembalap asal Prancis itu kini sedang mencari tim baru karena berpisah dari Alpine pada akhir 2024. Di tengah dinamika bursa pembalap, Nico Hulkenberg justru memberi dukungan kepada Kevin Magnussen agar dapat perpanjangan kontrak dari Haas.

1. Kevin Magnussen telah memperkuat Haas sejak 2017

Kevin Magnussen saat menjalani pekan balap GP Kanada 2024. (formula1.com)

Kevin Magnussen bukanlah wajah baru untuk Haas. Pembalap berkebangsaan Denmark itu telah memperkuat Haas sejak 2017. Magnussen sempat tak memperkuat Haas pada 2021 sebelum akhirnya kembali lagi pada 2022.

Saat ini, Magnussen bertandem dengan Nico Hulkenberg. Keduanya telah berbagi garasi sejak 2023. Selama dua musim terakhir, Magnussen menempati posisi di belakang Hulkenberg dalam klasemen pembalap. Musim lalu, Magnussen bertengger di posisi ke-19 lewat perolehan 3 poin. Sementara itu, Hulkenberg berada di peringkat ke-16 usai mengumpulkan 9 poin.

Musim ini, Magnussen untuk sementara tertinggal dari Hulkenberg. Magnussen bercokol di posisi ke-16 dengan koleksi 5 poin, sedangkan Hulkenberg berada di peringkat kesebelas setelah meraup 22 poin. Keunggulan Hulkenberg atas Magnussen juga terlihat dari hasil main race. Hulkenberg mampu finis di zona poin sebanyak 5 kali dari 12 seri balap yang sudah digelar. Di sisi lain, Magnussen berada di zona poin dalam dua seri balap, yaitu GP Australia dan Austria.

2. Hulkenberg menilai Magnussen tampil konsisten di Formula 1 2024

Kevin Magnussen saat menjalani balapan GP Inggris 2024. (formula1.com)

Hasil yang diperoleh Nico Hulkenberg dalam dua musim terakhir bersama Haas menunjukkan bahwa performanya lebih baik ketimbang Kevin Magnussen. Apalagi, mobil yang dimiliki Haas sering mengalami kendala dan tak secepat mobil tim lainnya. Namun, Hulkenberg mengesampingkan jarak poin yang ada antara dirinya dan Magnussen.

Hulkenberg tetap memandang Magnussen sebagai calon pembalap Haas untuk musim depan. Ia menilai Magnussen tampil konsisten di Formula 1 2024. Meski begitu, Hulkenberg menyerahkan keputusan kepada pihak tim terkait sosok yang menjadi tandem Oliver Bearman pada 2025.

“Jelas, itu sama sekali bukan tanggung jawab dan keputusanku. Akan tetapi, Magnussen juga sangat konsisten tahun ini. Ada beberapa momen dalam sejumlah sesi saat detail sangat kecil membuat perbedaan antara dia dan diriku dan seringkali hasilnya terlihat sangat besar di TV.

Sebetulnya, itu adalah hal yang sangat kecil saat aku melihatnya. Aku tentunya punya lebih banyak akses ke data dan melihat dengan tepat apa yang terjadi dari sisiku. Jadi, aku pikir dia melakukan pekerjaan yang solid. Aku rasa dia masih menjadi kandidat untuk Haas atau mungkin beberapa tim lain,” jelas Hulkenberg dikutip F1i.

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya