TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Franco Morbidelli Incar Hasil Oke sebelum Berpisah dengan Yamaha

Bakal memperkuat Pramac Racing pada 2024

pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (yamahamotogp.com)

MotoGP 2023 akan menggelar seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo pada 24--26 November mendatang. Selain momen penentuan gelar juara, GP Valencia juga menjadi waktu perpisahan bagi sejumlah pembalap yang pindah tim pada 2024 mendatang. Salah satunya adalah Franco Morbidelli.

Morbidelli akan memperkuat Pramac Racing setelah menghabiskan waktu selama 5 musim menunggangi motor Yamaha. Ia ingin menutup momen kebersamaan dengan Yamaha lewat hasil oke pada seri pemungkas musim ini. Sebab, capaian bagus akan meninggalkan kesan baik sebelum Morbidelli angkat kaki dari tim.

Baca Juga: Franco Morbidelli Siap Tebar Ancaman Bersama Pramac Racing

1. Perjalanan Franco Morbidelli bersama Yamaha di MotoGP

Franco Morbidelli berselebrasi usai memenangi balapan GP Teruel 2020. (motogp.com)

Franco Morbidelli bergabung ke Yamaha pada 2019 silam. Sebelumnya, pemilik gelar Moto2 2017 itu menghabiskan musim debutnya di kelas MotoGP bersama EG 0,0 Marc VDS pada 2018. Morbidelli menjadi bagian dari Petronas Yamaha SRT bersama Fabio Quartararo.

Morbidelli memperkuat Petronas Yamaha SRT hingga pertengahan musim 2021. Prestasi terbaiknya bersama tim tersebut adalah menduduki posisi kedua di klasemen pembalap pada 2020. Morbidelli menorehkan 6 kali podium dengan 3 di antaranya berbuah kemenangan.

Morbidelli mulai memperkuat tim utama Yamaha di GP San Marino 2021. Ia menggantikan posisi Maverick Vinales yang pisah jalan lebih cepat dari Yamaha. Sayangnya, performa Morbidelli tak terlalu oke. Ia belum pernah naik podium selama berada di tim utama Yamaha. 

2. Target Franco Morbidelli di GP Valencia 2023 sebelum berpisah dari Yamaha

Franco Morbidelli saat menjalani pekan balap GP Qatar 2023. (yamahamotogp.com)

Franco Morbidelli ingin menutup perjalanannya bersama Yamaha dengan kenangan manis di GP Valencia. Ia menargetkan hasil oke ketika memacu YZR-M1 di Sirkuit Ricardo Tormo. Morbidelli juga mengakui bahwa perpisahannya dengan Yamaha bakal membawa lebih banyak emosi ketimbang biasanya.

"GP Qatar tidak berjalan seperti yang kami inginkan. Namun, kami akan meninggalkan itu di belakang kami sekarang. Kami harus fokus untuk GP Valencia.

Ini akan menjadi balapan terakhirku bersama Monster Energy Yamaha yang menambah sejumlah emosi tambahan pada akhir pekan ini. Aku ingin mengakhiri perjalanan kami dalam cara sebaik mungkin dan membuat kenangan indah dengan kru. Itulah tujuannya," jelas Morbidelli dilansir Motorcycle Sports.

Baca Juga: Franco Morbidelli Bersyukur Gabung ke Pramac Racing pada MotoGP 2024

Verified Writer

Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya