TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pebasket yang Menjuarai NBA Slam Dunk Contest Dua Edisi Beruntun

Termasuk legenda hidup NBA

Michael Jordan (twitter.com/chicagobulls)

Sudah banyak pemain yang menjuarai NBA Slam Dunk Contest atau kontes slam dunk sejak diadakan perdana pada 1984 di bawah payung NBA. Ada nama-nama yang terkenal, sebut saja Kobe Bryant, Vince Carter, dan Blake Griffin. Di era 1980-an, ada Dominique Wilkins, Spud Webb, dan tentu saja Michael Jordan.

Namun, tidak banyak pebasket yang memenangi kontes ini lebih dari sekali. Bahkan, sejauh ini baru empat pemain yang sukses menjuarai kontes slam dunk dua edisi beruntun. Siapa saja pebasket tersebut dan apakah idola kamu termasuk di dalamnya?

1. Michael Jordan menjadi pemain pertama yang menjuarai kontes slam dunk dua edisi beruntun

Michael Jordan (nba.com)

Michael Jordan menjadi pebasket pertama yang mampu menjuarai kontes slam dunk dua kali secara beruntun. Titel pertama mantan pemain Chicago Bulls tersebut diraih pada 1987 saat berlaga di Seattle. Tahun berikutnya, ia kembali juara ketika event dilangsungkan di kandang sendiri, Chicago.

Namun, kemenangannya atas Dominique Wilkins pada 1988 masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Pasalnya, selain dilakukan di kandang klubnya, salah satu jurinya adalah mantan bintang Chicago Bears, Gale Sayers. Meski begitu, dunk dari garis lemparan bebas Jordan saat itu memang menakjubkan.

2. Jason Richardson merebut juara kontes slam dunk pada 2002 dan 2003

Jason Richardson (nba.com)

Setelah Michael Jordan, Jason Richardson menjadi pemain berikutnya yang mampu menjuarai kontes slam dunk dua edisi beruntun. Ia merebut titel itu pada 2002 dan 2003. Ketika itu, small forward kelahiran Michigan ini masih bermain untuk Golden State Warriors, klub pertamanya di pentas NBA.

Pada edisi 2004, Richardson sebenarnya berpeluang menjadi pemain pertama yang sukses menjuarai kontes slam dunk tiga tahun beruntun. Sayangnya, di babak final, ia harus mengakui keunggulan Fred Jones dari Indiana Pacers. Saat itu, Richardson cuma mengumpulkan total 78 angka di fase pamungkas.

Baca Juga: Daftar Pemenang Slam Dunk Contest NBA All Star dari Masa ke Masa

3. Nate Robinson total tiga kali menjuarai kontes slam dunk

Nate Robinson (twitter.com/NBATV)

Pada era 1980-an, ada Spud Webb, pemain yang bertubuh tidak terlalu tinggi untuk ukuran NBA, tetapi mampu menjuarai kontes slam dunk. Nah, pada era 2000-an, muncul Nate Robinson. Hebatnya, mantan pemain New York Knicks itu tiga kali memenangi kontes slam dunk.

Dari semua kemenangannya, dua di antaranya direbut Robinson secara beruntun, yakni pada 2009 dan 2010. Pada edisi 2009, ia melompati Dwight Howard yang punya tinggi 6 kaki 11 inci untuk menjadi kampiun. Ketika itu, Robinson memakai jersey Knicks berwarna hijau dan sepatu berwarna senada, yang lantas ia sebut Kryptonate.

Verified Writer

Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya