TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rakow Czestochowa Lolos ke Babak Playoff UCL, Jadi Kuda Hitam

Juara kasta tertinggi Liga Polandia

skuad Rakow Czestochowa (rakow.com)

Nama Rakow Czestochowa masih terasa asing bagi penggemar sepak bola di Indonesia. Namun, tidak demikian di Polandia. Rakow sukses menjadi salah satu klub penghuni papan atas Ekstraklasa, kasta tertinggi Liga Polandia.

Bahkan, pada 2022/2023, Rakow menjadi juara, mengalahkan klub-klub favorit, seperti Lech Poznan dan Legia Warsawa. Rakow pun keluar sebagai wakil Polandia pada babak kualifikasi (qualifying round) Liga Champions Eropa (UCL) 2023/2024.

Seperti apa profil dan perjalanan Rakow Czestochowa di kualifikasi UCL 2023/2024?

Baca Juga: Best Starting Eleven yang Belum Pernah Juara UCL, Ada Harry Kane!

1. Rakow Czestochowa memiliki nama awal Racovia

Rakow Czestochowa saat merebut gelar Polandia Super Cup pada 2021. (rakow.com)

Dilansir situs resmi klub, sejarah berdirinya Rakow Czestochowa berawal dari dibentuknya klub olahraga dan sepak bola bernama Racovia di sebuah desa bernama Rakow di Polandia. Klub amatir ini memiliki lambang perisai hitam dengan huruf "R" berwarna hijau di dalamnya. Jersey yang digunakan Racovia memiliki ciri khas berwarna hijau dengan kerah dan celana hitam.

Pada 1925, dewan klub memutuskan untuk membubarkan Racovia. Pada 1927, Anoni Gladysz, Jozef Barranowski, dan Wladyslaw Pacholek kembali membangkitkan Racovia. Namanya kemudian diubah menjadi klub olahraga buruh Rakow. Mereka menggunakan ciri khas warna merah dan biru.

2. Perjalanan Rakow Czestochowa hingga meraih juara Liga Polandia

Rakow Czestochowa saat merebut gelar Ekstraklasa 2022/2023. (rakow.com)

Perjalanan Rakow Czestochowa di Liga Polandia mengalami pasang surut. Pada 1994, mereka berhasil bermain di Top League, kasta tertinggi Liga Polandia, untuk pertama kalinya. Peringkat Rakow di liga tersebut naik turun. Bahkan, mereka harus terdegradasi pada 1997/1998. Prestasi klub ini terus menurun hingga terdegradasi ke IV Liga, liga kasta kelima Polandia.

Setelah penantian selama 25 tahun, Rakow kembali merumput di kasta tertinggi Liga Polandia, yang telah berganti nama menjadi Ekstraklasa. Rakow berada di peringkat ke-10 saat Ekstraklasa 2019/2020 berakhir. Prestasi klub ini kemudian meningkat pesat.

Mereka berhasil menjadi runner-up Ekstraklasa 2020/2021 dan 2021/2022. Rakow Czestochowa juga berhasil keluar sebagai juara Polandia Cup dan Polandia Super Cup pada 2021 dan 2022. Puncak prestasi Rakow terjadi pada Eksraklasa 2022/2023 dengan menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Meraih Trofi UCL hingga Pensiun

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya