TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Arshad Nadeem yang Akhiri Puasa Emas Pakistan di Olimpiade

Cetak sejarah untuk Pakistan

Arshad Nadeem, atlet lempar lembing Pakistan peraih emas Olimpiade 2024 (olympics.com)

Sejarah baru tercipta bagi kontingen Pakistan di Olimpiade 2024. Salah satu atletnya yang bernama Arshad Nadeem berhasil membawa pulang medali emas. Arshad Nadeem adalah atlet Pakistan yang bertanding di cabang olahraga lempar lembing.

Pencapaian Arshad Nadeem ini lantas menjadi sebuah prestasi luar biasa untuk negaranya. Pasalnya, Pakistan terakhir kali mendapat medali di Olimpiade pada tahun 1992 dan terakhir kali meraih emas di tahun 1984. Tak heran ia kini disebut sebagai pahlawan bagi masyarakat Pakistan. Catatkan sejumlah sejarah, mari simak profil Arshad Nadeem berikut ini.

1. Profil Arshad Nadeem, atlet lempar lembing Pakistan

Arshad Nadeem, atlet lempar lembing Pakistan peraih emas Olimpiade 2024 (instagram.com/worldathletics)

Berhasil menjadi juara lempar lembing di Olimpiade, siapa sangka Arshad Nadeem dulunya adalah pemain kriket. Nadeem muda adalah seorang pemain kriket yang potensial. Selain itu, ia juga sempat mencoba olahraga tolak peluru dan lempar cakram. Nadeem baru mempelajari lempar lembing pada tahun 2015 dan memutuskan untuk serius menggeluti olahraga tersebut.

Arshad Nadeem adalah seorang atlet yang lahir di Khanewal, India, pada 2 Januari 1997. Saat ini ia tergabung di klub bernama Water and Power Development Authority (WPDA) di Pakistan. Atlet berpostur 190 cm itu debut Olimpiade pada tahun 2020. Di Tokyo, ia berhasil finish di urutan kelima dengan jarak lemparan 84,62m.

2. Cetak rekor Olimpiade dan sumbang emas pertama dari cabang atletik

Arshad Nadeem, atlet lempar lembing Pakistan peraih emas Olimpiade 2024 (instagram.com/worldathletics)

Pada acara pembukaan Olimpiade 2024, Arshad Nadeem didapuk menjadi pembawa bendera kontingen Pakistan. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi atlet 27 tahun tersebut. Terlebih ia merupakan salah satu atlet berprestasi Pakistan.

Sederet prestasi berhasil ditorehkan oleh Arshad Nadeem. Sebelum lolos ke Paris, ia meraih medali perak pada Kejuaraan Dunia 2023 di Hungaria. Ia juga menjadi atlet pertama dari Pakistan yang lolos ke final Olimpiade di bidang atletik pada tahun 2020.

Arshad Nadeem sukses mengunci medali emas di final Olimpiade 2024. Ia berhasil memukau penonton yang hadir di Stade de France pada Jumat, (9/8/2024). Jarak lemparan Nadeem sejauh 92,97m, sekaligus dinobatkan sebagai rekor Olimpiade. Raihan emas tersebut lantas menjadi yang pertama dari cabang atletik sepanjang partisipasi Pakistan di Olimpiade.

Verified Writer

Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya