Tok! DPR Sepakat Berikan Status WNI ke Hilgers dan Eliano

Seluruh fraksi rapat menyetujuinya

Jakarta, IDN Times - DPR RI menyepakati usulan pemberian status kewarganegaraan terhadap dua pesepak bola keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Adapun, kesepakatan itu diambil dalam Rapat Paripurna ketujuh, Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/9/2024). Rapat dipimpin langsung Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus.

Lodewijk menanyakan kepada seluruh peserta rapat, apakah dapat menyetujui permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan terhadap Hilgers dan Eliano.

"Apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama saudara Eliano Johannes Reijnders dan saudara Mess Victor Joseph Hilgers dapat disetujui?" tanya Lodewijk.

Seluruh peserta rapat menyetujuinya. Lodewijk kemudian mengetok palu sidang.

Kendati demikian, Lodewijk pun menyampaikan, proses naturalisasi Hilgers dan Eliano akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

"Selanjutnya persetujuan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku," kata dia.

Hilgers dan Eliano sudah lebih dulu mendapat restu Komisi III DPR RI, Selasa, 17 September 2024. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengungkapkan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dilakukan di Belanda.

Untuk memperlancar proses pengambilan sumpah itu, Supratman menyebut, Kemenkumham bakal menerbangkan petugas ke luar negeri. Mereka yang diterbangkan adalah para petugas Direktorat Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU).

"Langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen AHU untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda," kata Supratman.

Baca Juga: DPR Terima Surpres Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya