TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Video 7 Matahari di China, Ini Penjelasan Sains

Ternyata hanya ilusi optik

ilustrasi sinar matahari (pexels.com/Lukas)

Intinya Sih...

  • Para pengamat bintang di Tiongkok terkejut melihat video viral 7 Matahari di China.
  • Video ini direkam oleh seorang perempuan di rumah sakit Chengdu dan diunggah pada 20 Agustus 2024.
  • Tujuh matahari tersebut sebenarnya adalah ilusi optik yang disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan melalui kaca berlapis jendela rumah sakit.

Para pengamat bintang di Tiongkok terkejut setelah melihat apa yang tampak seperti tujuh matahari seperti yang terlihat dalam video viral baru-baru ini.

Video viral 7 Matahari di China ini direkam pada awal bulan Agustus oleh seorang perempuan di sebuah rumah sakit Chengdu, China dan diunggah di media sosial X pada 20 Agustus 2024. 

Tampak tujuh baris matahari menghiasi langit seperti pemandangan di planet fiksi. Ketujuh matahari tersebut berjejer berdampingan dan memiliki intensitas yang berbeda-beda.

Hanya ilusi optik

Namun, anomali meteorologi ini sebenarnya adalah ilusi optik yang disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan melalui media tertentu. Dilansir New York Post, kaca berlapis dari jendela rumah sakit yang menyebabkan video viral ini. 

Walaupun fenomena ini disebabkan oleh ilusi optik, video viral ini telah menimbulkan beragam respons lucu dari para netizen, termasuk para ahli. Astronom amatir di platform media sosial Tiongkok, Weibo, mengatakan "Kita akhirnya mengungkap kebenaran tentang pemanasan global," candanya.

Baca Juga: Astronaut NASA Terjebak di Luar Angkasa Mungkin Sampai 2025

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya