Melawan Hukum Fisika, 5 Fakta Planet Gliese 436 b

Planet di mana es dapat terbakar

Selama beberapa dekade terakhir, para astronom telah menemukan banyak planet di luar tata surya dengan berbagai fenomena aneh di dalamnya. Salah satu planet tersebut adalah Gliese 436 b, di mana hukum fisika seringkali tidak berlaku. Gliese 436 b (GJ 436 b) merupakan sebuah planet ekstrasurya seukuran Neptunus yang terletak 30 tahun cahaya dari Bumi menuju konstelasi Leo.

Planet ini menyimpan banyak sekali misteri yang terkadang membuat para ilmuwan kagum sekaligus bertanya-tanya. Penasaran? Yuk, simak beberapa fakta berikut ini!

1. Salah satu planet ekstrasurya terkecil

Melawan Hukum Fisika, 5 Fakta Planet Gliese 436 bilustrasi planet Gliese 436b (planetary.org/Nasa/JPL-Calltech/UCF)

Planet Gliese 436 ditemukan oleh Robert Paul Butler dan Geoffrey Marcy dari Carnegie Institute of Washington dan University of California pada tanggal 31 Agustus 2004, dengan menggunakan metode kecepatan radial.

Gliese 436 b menjadi salah satu planet ekstrasurya (planet di luar tata surya) terkecil yang pernah ditemukan. Tidak seperti planet ekstrasurya lain yang kebanyakan berukuran raksasa, planet ini hanya berdiameter sekitar empat ribu kilometer lebih besar dari Uranus dan lima ribu kilometer lebih besar dari Neptunus serta sedikit lebih masif.

2. Jarak orbitnya 15 kali lebih dekat dari jarak Merkurius ke matahari

Melawan Hukum Fisika, 5 Fakta Planet Gliese 436 bilustrasi planet Gliese 436b (nasa.gov)

Gliese 436 b hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk menyelesaikan satu kali orbit. Pendeknya periode orbit menunjukan bahwa planet ini terletak sangat dekat dengan bintang induknya, yaitu Gliese 436.

Sebagai perbandingan, jarak merkurius dengan matahari adalah sekitar 35 juta mil. Sedangkan Gliese 436 b hanya berjarak 2,5 juta mil dari bintangnya. Karena jaraknya yang sangat dekat, suhu pada planet ini dapat mencapai lebih dari 526 derajat Celsius atau hampir 1000 derajat Fahrenheit.

3. Fenomena terbakarnya es

Mungkinkah ada es yang mampu bertahan pada suhu 1000 derajat Fahrenheit? Walaupun terasa mustahil, tetapi inilah fenomena nyata yang terjadi di planet Gliese 436 b. Menurut Frederic Pont, seperti halnya dengan karbon yang dapat berubah menjadi berlian di bawah tekanan ekstrem, melalui prinsip yang sama, air dapat berubah menjadi wujud padat yang bahkan lebih padat daripada es. Hal inilah yang menyebabkan fenomena "burning ice"  dapat terjadi.

Gravitasi yang dihasilkan dari planet ini juga cukup kuat untuk mencegah air menguap dan menjaga es agar tidak kembali ke bentuk cairnya, tidak peduli seberapa banyak es tersebut terbakar.