9 Asteroid Besar yang Pernah Hantam Bumi

Salah satunya membuat punah dinosaurus

Intinya Sih...

• Astronom menemukan 500 batuan luar angkasa setiap tahun, tanpa ancaman saat ini
  • Asteroid besar menciptakan Kawah Vredefort di Afrika Selatan 2 miliar tahun lalu
  • Komet besar menghantam Kanada dan asteroid Chicxulub menyebabkan kepunahan dinosaurus

Astronom telah menemukan sekitar 500 batuan luar angkasa yang cukup besar (lebarnya lebih dari 460 kaki) di tata surya kita setiap tahunnya. Tapi untungnya sejauh ini tidak ada ancaman dari batu-batu tersebut.

Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) sendiri telah berhasil melakukan pengujian untuk memindahkan orbit asteroid. Misi ini mereka lakukan untuk menangkal ancaman batu luar angkasa di masa depan yang ingin menabrak Bumi.

Meski begitu, kamu perlu tahu bahwa planet kita pernah ditabrak asteroid. Berikut adalah daftar asteroid besar yang pernah hantam Bumi.

Baca Juga: Asteroid Sebesar Stadion Sepak Bola Akan Mendekati Bumi

1. Kawah Vredefort

9 Asteroid Besar yang Pernah Hantam BumiKawah Vredefort (dok. NASA)

Mengutip laman Mashable SE Asia, sebuah asteroid yang lebarnya sekitar enam mil (10 kilometer) atau lebih besar, menabrak Bumi dan menciptakan Kawah Vredefort, yang terletak di Afrika Selatan.

Itu terjadi sekitar 2 miliar tahun yang lalu, bahkan jauh sebelum dinosaurus berevolusi. Pada saat itu, para peneliti memperkirakan kawah tumbukan memiliki lebar 112 hingga 186 mil (180 hingga 300 km).

“Struktur tumbukan tertua dan terbesar di dunia yang diketahui telah terbentuk,” kata NASA.

Beribu-ribu tahun kemudian, bagian selatan kawah tidak lagi terlihat karena diselimuti batuan yang lebih muda. Situs ini didaulat sebagai struktur tumbukan terbesar yang diketahui di dunia. Kawah juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2005.

2. Cekungan Sudbury

9 Asteroid Besar yang Pernah Hantam Bumiilustrasi asteroid (pixabay.com/BENG-ART)

Sekitar 1,8 miliar tahun yang lalu, sebuah komet besar–merupakan “bola salju kotor” kuno yang terdiri dari butiran es dan batuan–menghantam Kanada modern.

Saat ini sebagian besar cekungan tumbukan telah terkikis, meskipun dengan pandangan udara dan radar kita dapat melihat bagian dari kawah tumbukan. Kawah aslinya kemungkinan besar lebarnya sekitar 120 mil (200 km).

Sekarang wilayah tersebut menjadi lokasi tambang nikel dan tembaga.Tumbukan telah membuat dampak yang kuat karena berhasil memecahkan kerak bumi dan membiarkan sebagian mantel bumi naik dari bawah, yang pada akhirnya menghasilkan deposit nikel dalam jumlah besar.

Nikel sendiri adalah elemen penting untuk material kabel listrik, mesin, baterai, dan lainnya. Meski ada dampak positif dari tabrakan ini, tapi diharapkan sesuatu sebesar Sudbury tidak terjadi lagi.

3. Situs Chicxulub

9 Asteroid Besar yang Pernah Hantam BumiIlustrasi dinosaurus (Vecteezy/Yulia Gapeenko)

Situs Chicxulub diketahui berusia sekitar 65 juta tahun, yang terkubur di bawah Semenanjung Yucatan. Saat ini, kawah tersebut tampak seperti setengah dari kawah besar.

Asteroid terkenal selebar enam mil itu menghantam perairan dangkal, meniupkan sejumlah besar serpihan Bumi ke langit sehingga mendinginkan iklim secara drastis.

Jumlah energi yang sangat besar ini setara dengan 10.000 kali lipat persenjataan nuklir di dunia, mengeluarkan sejumlah besar partikel debu dan gas ke atmosfer.

Para ilmuwan juga menemukan debu yang sangat halus, terbukti sangat ampuh menghalangi sinar matahari. Musim dingin yang panjang membuat Bumi tidak memiliki pencahayaan selama sekitar dua tahun.

Hal ini menghentikan fotosintesis dan memutus rantai makanan. Pada akhirnya, dampak asteroid membunuh sekitar 70 persen spesies di Bumi.

4. Kawah Meteor

9 Asteroid Besar yang Pernah Hantam Bumiilustrasi asteroid (pixabay.com/urikyo33)

Kawah Meteor di Arizona relatif masih berusia muda, bukti bahwa penduduk Bumi harus melacak dan mewaspadai potensi batuan luar angkasa yang masuk.

Sekitar 50.000 tahun yang lalu, sebuah asteroid logam berukuran sekitar 100 hingga 170 kaki menghantam wilayah yang saat disebut Arizona. Batu itu adalah objek yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan peristiwa besar sebelumnya.

Namun benda luar angkasa tersebut masih dapat menimbulkan ledakan yang dahsyat dan menimbulkan bencana regional.