5 Fakta Ledakan Nova yang Bisa Dilihat pada 2024

Apa efeknya bagi Bumi?

Intinya Sih...

• Peristiwa ledakan nova dari bintang T Coronae Borealis akan terjadi pada 2024.
  • Para ilmuwan menemukan bahwa ledakan nova terjadi karena bintang katai putih menerima terlalu banyak energi dari bintang pasangannya.
  • Meski ledakan ini sangat besar, Bumi kita tidak akan terpengaruh karena jaraknya yang sangat jauh.

Langit malam memang selalu tampak gelap. Namun, siapa sangka kalau di balik kegelapan itu, ada banyak peristiwa besar yang terjadi, salah satunya ledakan bintang-bintang berukuran kecil atau yang dikenal dengan istilah nova. Dibandingkan supernova, ledakan nova sebenarnya cukup sering terjadi. Hanya saja, karena jaraknya yang terlalu jauh, peristiwa ini sulit dilihat dari langit Bumi.

Namun, ini berbeda cerita dengan ledakan nova yang akan terjadi pada 2024 ini. Berasal dari sistem bintang ganda bernama T Coronae Borealis, kita akhirnya bisa menyaksikan peristiwa ini. Kira-kira seperti apa penampakannya dan bagaimana efeknya pada Bumi kita? Yuk, cari tahu sama-sama!

1. Ledakan Nova berasal dari bintang yang sekarat

5 Fakta Ledakan Nova yang Bisa Dilihat pada 2024bintang katai putih yang mengalami ledakan (nasa.gov)

Berbeda dengan makhluk hidup yang akan semakin lemah ketika masa hidupnya sudah hampir berakhir, para bintang justru akan semakin bersinar. Gak hanya itu, bintang kecil seukuran Bumi yang sudah sekarat seperti katai putih bahkan bisa menyebabkan ledakan besar. Ledakan inilah yang kemudian dikenal dengan istilah nova.

Dilansir Astronomy, nova terjadi ketika sebuah bintang katai putih yang tinggal di sistem bintang ganda menerima terlalu banyak energi dari bintang pasangannya. Setelah bertahun-tahun, energi yang mayoritas terdiri dari hidrogen ini menumpuk, memicu timbulnya reaksi termonuklir, dan akhirnya meledak. Gak tanggung-tanggung, bintang ini bisa melontarkan energi hingga 100 ribu kali lipat dari yang dipancarkan oleh matahari, sebelum akhirnya redup kembali.

2. Ledakan Nova merupakan peristiwa yang cukup langka bagi penduduk Bumi

5 Fakta Ledakan Nova yang Bisa Dilihat pada 2024ledakan nova (nasa.gov)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, peristiwa ledakan nova ini sebenarnya cukup sering terjadi. Dilansir Science News, dalam 1 tahun, para ilmuwan setidaknya menemukan 13 ledakan katai putih dan itu hanya jumlah yang berhasil diketahui oleh ilmuwan. Mengingat Bimasakti sangat besar, jumlah ledakan nova yang gak diketahui pasti lebih banyak.

Sayangnya, jarak bintang-bintang yang sangat jauh membuat kebanyakan ledakan nova sulit diamati dari langit Bumi. Kalaupun terjadi, hanya bisa dilihat dengan teleskop canggih. Gak gak heran kalau para astronom, ilmuwan, dan penggemar astronomi sangat semringah dengan ledakan nova dari bintang T Coronae Borealis.