6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Matahari

Kamu juga bisa melihat tetangga Matahari satu ini, lo!

Saat kecil kita mungkin berpikir bahwa bintang di langit saling berdekatan satu sama lain. Pada kenyataannya, setiap bintang tinggal saling berjauhan. Uniknya, meski tinggal berjauhan, Matahari kita ternyata juga memiliki tetangga bernama Alpha Centauri.

Untuk kamu yang belum tahu, Alpha Centauri adalah bintang-bintang tetangga Matahari. Disebut tetangga karena jika dibandingkan dengan bintang lainnya, Alpha Centauri memiliki jarak terdekat dengan Matahari kita. Yuk, kenalan dengan tetangga dekat Matahari ini! Dilansir dari laman Live Science dan Astronomy Trek, berikut di antaranya.

1. Alpha Centauri bukan bintang

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Mataharicnet.com

Sebenarnya, Alpha Centauri bukanlah bintang, melainkan sistem bintang. Alih-alih satu bintang, Alpha Centauri terdiri dari tiga bintang yaitu Alpha Centauri A, Alpha Centauri B, dan Proxima Centauri. Uniknya, meski berdekatan, ketiga bintang ini merupakan jenis bintang yang berbeda.

Alpha Centauri A adalah bintang kuning seperti Matahari dengan ukuran sedikit lebih besar; Alpha Centauri B adalah bintang oranye yang memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari Matahari; sedangkan Proxima Centauri adalah bintang kerdil merah dengan ukuran sekitar tujuh kali lebih kecil dari Matahari kita.

2. Meski dekat, Alpha Centauri mustahil untuk dicapai

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Mataharinationalgeographic.com.au

Dibandingkan dengan bintang lain, Alpha Centauri adalah bintang yang jaraknya paling dekat dengan Matahari. Meski begitu, tentu saja jarak Matahari dan Alpha Centauri tidak sedekat seperti yang kita bayangkan.

Seperti yang dilansir dari Live Science, Proxima Centauri merupakan bintang terdekat karena memiliki jarak 4,22 tahun cahaya atau sekitar 39,9 triliun km dari bumi.

Sementara, Alpha Centauri A dan B lebih jauh lagi, yaitu sekitar 4,35 tahun cahaya. Bahkan, dengan pesawat paling canggih saat ini, kita membutuhkan waktu 500 ribu tahun untuk sampai ke Proxima Centauri.

3. Merupakan bintang paling terang ketiga di langit malam

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Matahariearthsky.org

Bagi kita, jarak 39,9 triliun km mungkin terdengar sangat jauh, tapi bagi bintang yang memiliki ukuran sangat besar jarak tersebut bisa dibilang dekat.

Buktinya, kita masih bisa menemukan Alpha Centauri di langit malam sebagai bintang tunggal di konstelasi Centaurus. Saat langit cerah, kamu bisa menemukannya di arah selatan. Di sana, Alpha Centauri akan menjelma jadi bintang paling terang ketiga setelah Sirius dan Canopus.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Betapa Luasnya Alam Semesta, Bikin Takjub!

4. Alpha Centauri memiliki sebuah planet

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Matahariengadget.com

Pada 2012, peneliti mengumumkan bahwa Alpha Centauri memiliki sebuah exoplanet seukuran bumi yang kemudian diberi nama Alpha Centauri Bb. Planet ini mengorbit pada Proxima Centauri dengan jarak 6 juta km.

Meski permukaannya dipenuhi lava cair, penemuan planet ini menunjukkan kemungkinan adanya beberapa planet lain yang tinggal dan mengorbit di sekitar bintang-bintang Alpha Centauri.

5. Dibandingkan dengan Matahari, Alpha Centauri lebih tua

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Mataharibhphotovideo.com

Alpha Centauri A adalah bintang kuning seperti Matahari dengan ukuran 25 persen lebih besar. Meski merupakan  jenis bintang yang sama, ternyata usia Alpha Centauri sedikit lebih tua dari Matahari kita. Alpha Centauri A dan dua bintang lainnya memiliki usia sekitar 4, 85 miliar tahun, sedangkan Matahari kita baru berusia 4,6 miliar tahun.

6. Ternyata Alpha Centauri sudah lama dikenal oleh penduduk bumi

6 Fakta Alpha Centauri, Bintang Terang Tetangga Mataharitouropia.com

Kehadiran bintang Alpha Centauri di langit malam membuatnya dikenal oleh penduduk bumi. Seperti yang dilansir dari laman Astronomy Trek, sebelum para peneliti NASA menemukannya dengan teleskop, orang-orang zaman dulu sudah mengenal bintang ini.

Orang Tiongkok Kuno mengenalnya sebagai Bintang Kedua dari Gerbang Selatan, sedangkan suku Boorong di Australia menyebutnya sebagai Bermbermgle. Tidak hanya itu, orang Meksiko Kuno bahkan membangun banyak kuil dewa sejajar dengan titik cakrawala Alpha Centauri.