7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistem

Spesies spons raksasa yang bermanfaat bagi ekosistem laut

Mungkin beberapa dari kalian saat berenang di laut pernah bertemu dengan spons raksasa, rumah dari beberapa spesies biota laut. Spons raksasa, makhluk laut yang seringkali terabaikan, ternyata memiliki keanekaragaman spesies yang luar biasa.

Dengan bentuk dan ukurannya yang unik, spons-spons ini menjadi komponen penting dalam ekosistem laut. Pada kesempatan kali ini akan mengulas 7 spesies spons raksasa yang patut kalian ketahui

1. Xestospongia muta

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia muta (inaturalist.org/casseljs)

Xestospongia muta, atau yang lebih dikenal sebagai spons tong raksasa, adalah salah satu spesies spons terbesar yang dapat ditemukan di terumbu karang Karibia. Dengan ukuran yang bisa mencapai diameter 1,8 meter, spons ini menjadi pemandangan yang mencolok di bawah laut.

Bentuknya yang mirip tong dan warna kuning kecoklatan hingga merah muda kecoklatan membuatnya mudah dikenali. Selain ukurannya yang besar, spons tong raksasa juga memiliki peran penting dalam ekosistem terumbu karang sebagai tempat tinggal bagi berbagai organisme kecil.

2. Xestospongia testudinaria

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia testudinaria (inaturalist.org/uwkwaj)

Spesies spons ini memiliki bentuk yang mirip tong dan ukuran yang bisa mencapai diameter 2 meter, spons ini menjadi pemandangan yang mencolok di bawah laut. Spesies spons tong raksasa memiliki peran penting dalam ekosistem terumbu karang sebagai tempat tinggal bagi berbagai organisme kecil seperti udang dan ikan.

Selain itu, spons ini juga berfungsi sebagai filter air laut, membantu menjaga kualitas air di sekitarnya. Sayangnya, populasi spesies spons tong raksasa ini terancam oleh perubahan iklim, polusi, dan kerusakan habitat.

3. Xestospongia deweerdtae

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia deweerdtae (inaturalist.org/robin_dive_diva)

Spesies spons ini adalah salah satu spesies spons dari genus Xestospongia yang sering ditemukan di perairan tropis. Spons ini memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari bulat hingga tidak beraturan, dan seringkali memiliki warna yang cerah seperti kuning atau oranye.

Xestospongia deweerdtae berperan penting dalam ekosistem terumbu karang sebagai penyaring air dan tempat tinggal bagi berbagai organisme kecil. Namun amat disayangkan, seperti banyak spesies spons lainnya, Xestospongia deweerdtae terancam oleh perubahan iklim, polusi, dan kerusakan habitat.

4. Xestospongia ursa

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia ursa (inaturalist.org/tomleeturner)

Xestospongia ursa adalah spesies spons yang relatif baru ditemukan dan dideskripsikan pada tahun 2023. Spesies ini ditemukan di perairan pantai barat Amerika Utara, khususnya di sekitar California.

Spons ini memiliki ciri khas berupa permukaan yang bergelombang dan bertekstur kasar, serta warna putih kekuningan. Xestospongia ursa hidup menempel pada batuan dan struktur bawah laut lainnya, dan berperan penting dalam ekosistem lokal sebagai penyaring air dan tempat tinggal bagi organisme kecil. Meskipun baru ditemukan, spesies ini telah menarik perhatian para ilmuwan karena keunikan ciri-cirinya dan perannya dalam ekosistem laut.

5. Xestospongia dubia

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia dubia (inaturalist.org/jeffgoddard)

Spesies ini adalah salah satu spons dari genus Xestospongia. Spons ini merupakan bagian dari ekosistem laut dan sering ditemukan di terumbu karang. Xestospongia dubia memiliki bentuk yang bervariasi dan permukaan yang keras seperti batu, khas dari banyak spesies spons.

Sama seperti spons lainnya, Xestospongia dubia berperan penting dalam ekosistem laut dengan menyaring air dan menyediakan habitat bagi berbagai organisme kecil. Namun, seperti banyak spesies laut lainnya, Xestospongia dubia juga menghadapi ancaman dari perubahan iklim, polusi, dan kerusakan habitat.

6. Xestospongia bocatorensis

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia bocatorensis (inaturalist.org/hubertszcz)

Spesies spons ini yang ditemukan di wilayah Bocas del Toro, Panama. Spons ini memiliki ciri khas berupa lapisan tipis yang menempel pada permukaan seperti akar mangrove, cangkang kosong, atau bahkan karang hidup.

Warna spons ini biasanya ungu tua, baik di bagian luar maupun dalam. Nama ilmiah dari spesies ini adalah Xestospongia bocatorensis, biota laut yang berperan penting dalam ekosistem laut dengan menyaring air dan menjadi habitat bagi berbagai organisme kecil. Namun, seperti banyak spesies spons lainnya, Xestospongia bocatorensis juga menghadapi ancaman dari perubahan lingkungan dan kerusakan habitat.

7. Xestospongia caminata

7 Spesies Spons Raksasa, Biota Laut yang Bermanfaat bagi Ekosistemilustrasi Xestospongia caminata (inaturalist.org/robin_dive_diva)

Spesies spons ini dapat kalian temukan di lingkungan laut, terutama di daerah terumbu karang. Xestospongia caminata memiliki bentuk yang khas dan permukaan yang keras, mirip dengan batu.

Sama seperti spons lainnya, spesies ini berperan penting dalam ekosistem laut dengan menyaring air dan menyediakan habitat bagi berbagai organisme kecil. Spesies spons ini sangat menarik untuk dikulik.

Melalui kesempatan yang singkat kali ini, kita telah mengenal lebih dekat 7 spesies spons raksasa yang menakjubkan. Namun, masih banyak lagi misteri yang tersimpan di dasar laut. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lautan agar generasi mendatang dapat menikmati keindahan dan keanekaragaman hayati laut.