5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!

Sanca bodo lebih besar dari sanca batu india!

Intinya Sih...

• Sanca bodo dan sanca batu india memiliki perbedaan ukuran tubuh yang signifikan
  • Penyebaran habitat kedua spesies ular ini juga cukup berbeda, dengan sanca bodo tersebar di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan, sementara sanca batu india hanya ditemukan di India, Pakistan, Sri Lanka, dan Nepal
  • Kedua spesies ular ini pada awalnya diklasifikasikan sebagai satu spesies yang sama, tetapi setelah penelitian lebih lanjut akhirnya terungkap bahwa mereka adalah dua spesies yang berbeda

Karena kesamaan lingkungan, klasifikasi, habitat, makanan, dan kebiasaan beberapa ular akhirnya mengembangkan ciri fisik yang mirip entah itu bentuk tubuh, warna atau corak. Jika kamu tidak teliti kamu akan sulit untuk membedakan satu spesies ular dengan spesies ular yang lain. Bahkan dalam beberapa kasus beberapa spesies ular punya ciri fisik yang hampir tidak bisa dibedakan, lho. Hal ini salah satunya terjadi pada ular sanca bodo dan sanca batu india.

Jika hanya melihat ciri fisiknya secara sekilas mungkin kamu tak akan bisa membedakan keduanya. Bahkan dahulu para ahli juga menganggap kedua ular ini adalah satu spesies yang sama karena mereka hampir tak bisa dibedakan. Namun setelah diteliti lebih lanjut akhirnya terungkap kalau sanca bodo dan sanca batu india punya beberapa perbedaan. Habitat, penyebaran, ciri fisik, ukuran, dan bentuk tubuh kedua ular tersebut ternyata sangat berbeda. Mari kita ulik semua perbedaan sanca bodo dan sanca batu india di artikel ini!

1. Perbedaan ukuran sanca bodo dan sanca batu india

5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!Sanca batu india (inaturalist.org/daniel_liepack)

Corak dan warna kedua ular ini memang sekilas sama, tapi jika berbicara ukuran tentunya keduanya cukup berbeda. Laman iNaturalist menjelaskan kalau sanca bodo masuk sebagai salah satu dari lima ular terbesar di dunia. Tentunya hal ini tidak mengejutkan mengingat panjang maksimalnya yang bisa mencapai 7 meter. Bobot tubuhnya juga tak kalah menakjubkan, sanca bodo terberat yang tercatat oleh sejarah saja punya bobot di angka 182.8 kg, lho.

Sementara itu ukuran sanca batu india terbilang lebih kecil dibanding sanca bodo entah itu dari panjang atau berat badan. Panjang maksimal sanca batu india ada di kisaran 6 meter dengan berat yang menyentuh angka sekitar 91 kg. Walau panjang tubuh keduanya tak terlalu signifikan namun berat badan kedua ular ini terpaut cukup jauh. Namun sanca batu india juga tak bisa dibilang sebagai ular yang kecil karena ia juga masuk sebagai 10 ular terbesar di dunia.

2. Sanca bodo dan sanca batu india punya penyebaran yang berbeda

5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!Sanca bodo (inaturalist.org/lawrencehylton)

Walaupun sama-sama ular sanca namun sanca bodo dan sanca batu india punya penyebaran yang cukup berbeda. Sanca bodo sendiri dapat ditemukan di area Asia Tenggara dan Asia Selatan. India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Tiongkok, Hong Kong, dan Indonesia jadi wilayah penyebarannya. Bahkan ular ini juga ditemukan di Florida, Amerika Serikat dan jadi hewan invasif di sana sejak tahun 1990an. Sementara itu sanca batu india penyebarannya terbilang lebih sempit, penyebaran alami spesies ini hanya mencakup daerah India, Pakistan, Sri Lanka, dan Nepal, jelas Animal Diversity Web.

3. Sanca bodo dan sanca batu india diklasifikasikan sebagai spesies yang berbeda

5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!Sanca batu india (inaturalist.org/vishwanathgowda)

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Sanca Darah, Ular Pendek yang Dikira Bisa Terbang!

Dilansir Britannica, awalnya sanca batu india dan sanca bodo diklasifikasikan ke dalam satu spesies yang sama, yaitu Python molurus. Saat itu sanca bodo berstatus sebagai subspesies dari sanca batu india, sehingga nama ilmiahnya adalah Python molurus bivittatus. Sementara itu sanca batu India memiliki nama ilmiah Python molurus molurus. Kemudian setelah dilakukan penelitian lebih lanjut ditemukan fakta bahwa dua ular ini merupakan dua spesies yang berbeda.

Akhirnya pada tahun 2009 sanca bodo diklasifikan sebagai spesies tersendiri dan memisahkan kedua ular ini sebagai dua spesies yang berbeda. Nama merekapun juga ikut berganti, sanca bodo akhirnya punya nama ilmiah Python bivittatus dan sanca batu india punya nama ilmiah Python molurus. Bahkan tak cuma sampai di situ, para ahli juga melakukan penelitian lebih lanjut terhadap sanca bodo dan menemukan fakta bahwa sanca bodo ternyata punya subspesies lain. Subspesies dari sanca bodo tersebut dinamakan Python bivittatus progschai atau sanca bodo kerdil dan hanya bisa ditemukan di Pulau Sulawesi.

4. Perbedaan ciri fisik sanca bodo dan sanca batu india

5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!Sanca bodo (inaturalist.org/trans-pecos-herpetology)

Terdapat tiga kata kunci utama jika kamu ingin membedakan sanca bodo dan sanca batu india dari ciri fisiknya, ketiga kata kunci tersebut adalah bentuk tubuh, corak, dan warna. Sekilas memang agak sulit jika keduanya hanya dilihat sekilas tanpa memperhatikan kedua ular ini dengan seksama. Namun jika kamu sudah terbiasa membedakan sanca bodo dan sanca batu india dari ciri fisiknya tidak sesulit itu, kok.

Pertama, sanca bodo punya badan yang lebih gemuk, besar, dan berotot jika dibandingkan dengan sanca batu india yang cenderung lebih ramping dan kecil. Kedua, warna tubuh sanca batu india terkesan lebih cerah dan terang sementara sanca bodo punya tubuh yang lebih gelap dengan warna hitam dan cokelat tua yang dominan. Terakhir, pola di tubuh sanca bodo cenderung lebih besar dan mengotak sementara pola di tubuh sanca batu india lebih membulat dan ada beberapa pola yang berbentuk seperti donat. Pola huruf V atau panah juga ada di atas kepala keduanya, namun di sanca bodo pola tersebut terlihat jelas sementara di sanca batu india pola tersebut memudar di ujung moncong.

5. Perbedaan habitat sanca bodo dan sanca batu india

5 Perbedaan Sanca Bodo dan Sanca Batu India, Dulunya Satu Spesies!Sanca batu india (inaturalist.org/sullivanribbit)

Walau sama-sama ular sanca berukuran besar tapi habitat sanca batu india dan sanca bodo ternyata cukup berbeda. India Biodiversity Portal menerangkan kalau sanca batu india cenderung memilih tempat yang kering dan penuh bebatuan. Di lain sisi sanca bodo lebih suka mendiami daerah yang basah, tertutup dan ditumbuhi banyak tanaman. Perbedaan habitat mereka juga berefek pada perbedaan ukuran, bentuk tubuh, warna, corak, makanan, dan kebiasaan.

Sanca bodo biasanya memilih habitat berupa rawa-rawa, genangan air, hutan, daerah lembab dan basah, hutan bakau, dan goa. Sanca batu india sendiri lebih sering ditemukan di area terbuka seperti bebatuan, hutan terbuka yang kering, padang rumput, daerah kering, dan hutan. Namun terkadang sanca batu india juga dapat ditemukan di dekat sungai, daerah lembab, atau di dekat perairan walau hal ini cukup jarang terjadi. Uniknya entah sanca bodo atau sanca batu india keduanya sama-sama kerap masuk ke area pemukiman seperti desa dan perkotaan.

Sanca bodo dan sanca batu india merupakan contoh dari serupa tapi tak sama, secara sekilas mereka memang sangat mirip tapi ternyata keduanya adalah dua spesies ular yang berbeda. Perbedaan yang mereka miliki juga cukup banyak seperti perbedaan habitat, perbedaan penyebaran, perbedaan corak, perbedaan warna, sampai perbedaan klasifikasi. Tak cuma membingungkan bagi orang awam, bahkan para ahli juga sempat kebingungan sampai-sampai memasukan dua ular ini ke satu spesies yang sama. Walau dengan berkembangnya ilmu pengetahuan akhirnya diketahui bahwa mereka adalah dua spesies yang berbeda.

Baca Juga: 6 Perbedaan Unik Ular Sanca dan Ular Boa, Salah Satunya Ovovivipar!

Arzha Ali Rahmat Photo Verified Writer Arzha Ali Rahmat

Mahasiswa Unnes yang suka ular.

• Siantita Novaya