6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!

Merupakan saudara dari Tyrannosaurus rex

Sepertinya 2024 memang jadi tahunnya dinosaurus. Setelah penelitian mengenai Nanotyrannus pada 3 Januari lalu, kini ditemukan spesies dinosaurus baru! Dinosaurus ini adalah Tyrannosaurus mcraeensis, dinosaurus pemakan daging dari zaman kapur. Seperti namanya dinosaurus ini merupakan saudara dari Tyrannosaurus rex, lho!

Penemuan ini mengakhiri kesendirian T.rex yang sejak awal ditemukan dianggap sebagai satu-satunya Tyrannosaurus yang ada. Tentu hadirnya spesies Tyrannosaurus baru ini membuka banyak kemungkinan tentang evolusi T. rex dan kerabat-kerabatnya. Walau begitu masih banyak pertanyaan tentang spesies baru ini. Penasaran tentang Tyrannosaurus mcraensis? Ayo simak artikel ini!

1. Penemuan fosil Tyrannosaurus mcraeensis

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Rekonstruksi fosil Tyrannosaurus mcraensis (commons.wikimedia.org/SlvrHwk)

Sebenarnya fosil dinosaurus ini sudah lama ditemukan, tepatnya pada tahun 1983. Fosil rahang bawah Tyrannosaurus mcraeensis ditemukan di fomasi Hall Lake, New Mexico, Amerika Serikat. Karena tak lengkap, saat itu fosil tersebut dikategorikan sebagai fosil Tyrannosaurs rex. Fosil ini disimpan di New Mexico Museum of Natural History and Science dan diberi kode NMMNH P-3698, jelas Live Science.

Barulah pada 2013 dilakukan penelitian ulang karena ada kejanggalan pada fosil tersebutBertahun-tahun diteliti, akhirnya pada 2024 ditemukan bahwa fosil tersebut bukanlah milik T. rex. Melainkan milik dinosaurus lain yang punya kekerabatan dekat dengan si raja tiran tersebut.

2. Perbedaan Tyrannosaurus mcraensis dan Tyrannosaurus rex

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Perbedaan Tyrannosaurus mcraensis dengan Tyrannosaurus rex (twitter.com/Arturo García)

Artikel yang diterbitkan di jurnal Nature menjelaskan beberapa perbedaan antara Tyrannosaurus rex dan Tyrannosaurus mcraeensis. Rahang bawah spesies baru ini lebih langsing dan melengkung, berbeda dengan T. rex yang cenderung besar dan lurus. Giginya juga tergolong lebih sedikit jika dibandingkan Tyrannosauridae lain, jelas Nick Logrich selaku ilmuwan yang meneliti fosil Tyrannosaurus mcraeensis.

Mereka juga hidup di waktu yang berbeda, di mana Tyrannosaurus mcraeensis lebih tua dari T. rexT. rex hidup sekitar 68-66 juta tahun yang lalu sementara Tyrannosaurus mcraeensis hidup sekitar 73-71 juta tahun yang lalu. Menjadikan Tyrannosaurus mcraeensis  lebih tua sekitar 3 sampai 5 juta tahun dari T. rex.

3. Hidup pada periode kapur

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Ilustrasi zaman kapur (twitter.com/Emily Willoughby)

Meski hidup di waktu yang berbeda, namun Tyrannosaurus mcraeensis  juga hidup di periode kapur sama seperti T. rex. Periode kapur berlangsung sekitar 145 sampai 66 juta tahun yang lalu. Tak cuma Tyrannosaurus mcraeensis dan T. rex yang hidup pada periode ini. Beberapa dinosaurus terkenal seperti Triceratops, Parasaurolophus, Giganotosaurus, dan Velociraptor juga hidup di periode kapur.

Lebih rincinya lagi Tyrannosaurus mcraeensis hidup di era Campanian sampai awal era Maastrichtian. Sedangkan T. rex hidup di akhir era Maastrichtian. Keadaan bumi saat itu diselimuti oleh hutan dan padang rumput. Hewan-hewan seperti burung dan mamalia juga berkeliaran bebas. Periode kapur menjadi surganya para dinosaurus.

4. Panjangnya mencapai 12 meter!

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Tyrannosaurus mcraensis (twitter.com/Davin Arya Nirwasita (Commissions CLOSED))

Dilansir The New York Times, spesies baru ini diestimasikan punya panjang yang mirip dengan T. rex. Sebastian G. Dalman yang secara langsung meneliti fosilnya berpendapat bahwa hewan ini bisa tumbuh sepanjang 39 kaki atau 11.7 meter. Ukuran yang cukup besar bagi dinosaurus pemakan daging. Bahkan estimasi ini bisa terus bertambah jika ditemukan fosil-fosil baru. Tidak menutup kemungkinan kalau ukurannya ternyata lebih besar dari estimasi awal.

5. Karnivora puncak di habitatnya

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Tyrannosaurus mcraensis (twitter.com/Manu_Paleoart)

Punya tubuh, ukuran dan habitat yang mirip T. rex membuat Tyrannosaurus mcraeensis juga menempati posisi yang sama di alam. Mendiami Amerika Utara, Tyrannosaurus mcraeensis menjadi predator puncak di habitatnya, terang Earth.com. Kemungkinan dinosaurus ini memangsa dinosaurus lain seperti Ceratopsian, Hadrosauridae atau Sauropoda. Makanan yang juga sangat digemari oleh saudaranya, T. rex.

6. Jadi penemuan yang heboh

6 Fakta Tyrannosaurus Mcraeensis, Spesies Dinosaurus Baru di 2024!Tyrannosaurus mcraensis (twitter.com/cyber)

Faktanya sebelum Tyrannosaurus mcraeensis ditemukan hal serupa pernah terjadi. Pada tahun 2022 artikel yang terbit di jurnal Evolutionary Biology menyebutkan kalau Tyrannosaurus dibagi jadi tiga spesies. Namun usulan tersebut dibantah dan tidak diterima oleh para ahli.

Pada kasus Tyrannosaurus mcraeensis sepertinya hal tersebut tak akan terulang. Kebanyakan ilmuwan sepertinya setuju. Walau tentunya penemuan Tyrannosaurus mcraeensis ini membuat heboh jagat perdinosaurusan. T. rex yang sejak lama menyendiri tanpa adanya saudara tiba-tiba punya saudara baru yang ditemukan di awal tahun 2024. Namun penelitian dan pencarian fosil lebih lanjut terus dilakukan untuk mengungkap fakta tentang spesies baru ini.

Awal tahun 2024 memang menghadirkan banyak kejutan bagi dunia paleontologi. Penemuan spesies dinosaurus baru di tahun ini membuka banyak kemungkinan baru. Tak menutup kemungkinan juga fosil lain dari Tyrannosaurus mcraeensis akan ditemukan di masa depan. Penemuan-penemuan tersebut nantinya akan membongkar misteri tentang kehidupan dinosaurus.

Baca Juga: 6 Hewan Mamalia Baru yang Ditemukan Tahun 2023, Ada yang Berupa Fosil!

Arzha Ali Rahmat Photo Verified Writer Arzha Ali Rahmat

Mahasiswa Unnes yang suka ular.