TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Burung Asli Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia

Menurutmu, mana yang paling cantik?

Jalak Bali (instagram.com/balizoo)

Indonesia sebagai negara tropis memiliki kekayaan alam yang sangat besar mulai dari hewan, tumbuhan dan bentang alam. Ada ratusan jenis tumbuhan dan satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan hutan Indonesia.

Banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke Indonesia hanya untuk melihat dan mempelajari keindahan burung asli Indonesia ini. Sayangnya, keberadaan burung ini semakin terancam dengan perburuan liar.

Pemerintah telah melakukan upaya untuk melindungi konservasi burung-burung ini dengan menetapkan undang-undang dan peraturan  yang ketat tentang perburuan liar. Berikut telah dirangkum lima spesies burung cantik asli Indonesia yang menjadi incaran dunia.

1. Jalak Bali

Jalak Bali (instagram.com/balizoo)

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah burung yang hanya ditemukan di wilayah barat provinsi Bali. Jalak Bali memiliki bulu putih bersih berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga 25cm dan berat 108 gram.

Kelopak mata burung ini berwarna biru tua dengan paruh kekuningan. Jalak Bali ditetapkan sebagai simbol satwa liar provinsi Bali pada tahun 1991.

Baca Juga: Cocok Dipelihara, Inilah 5 Spesies Burung dengan Usia Terpanjang

2. Burung Merak

Burung Merak (unsplash.com/ivanbotha)

Merak adalah spesies burung yang tidak bisa terbang dan menghabiskan sebagian besar hidupnya  di tanah. Merak yang ada di Indonesia merupakan jenis merak hijau (Pavo muticus) yang banyak dijumpai di Taman Nasional Baluran.

Merak jantan dan betina memiliki ciri morfologi yang sedikit berbeda, merak jantan memiliki ekor yang sedikit berbeda, lebih panjang dan lebih indah dari betina, ekor ini berfungsi untuk menarik perhatian betina ketika musim kawin tiba. Kamu beruntung jika melihat merak jantan membentangkan ekornya.

3. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih (instagram.com/indoflashlight)

Burung Cendrawasih (Paradisaea sp) merupakan salah satu jenis burung asli Papua yang keindahannya tidak diragukan lagi. Orang asing juga menyebutnya sebagai bird of paradise karena keindahannya yang mampu memukau mata.

Di Papua, terdapat berbagai jenis cendrawasih yang memiliki morfologi berbeda. Ciri-cirinya, biasanya kombinasi warna coklat, kuning, putih, hitam, hijau, ungu, biru, merah dan orange.

4. Burung Kasuari

Burung Kasuari (unsplash.com/davidclode)

Kasuari merupakan bagian dari suku Casuariidae yang hanya memiliki tiga spesies. Kasuari hanya terdapat di Papua dan Australia. Seperti burung merak, kasuari adalah burung darat yang tidak bisa terbang.

Berukuran sangat besar dengan bulu berwarna hitam dengan leher kebiruan membuat burung ini sangat indah dipandang mata. Di balik keindahannya, kasuari tergolong burung yang berbahaya, karena sangat agresif dan memiliki cakar yang cukup tajam untuk merobek kulit manusia.

Baca Juga: Ada Burung Kucing, 5 Jenis Burung yang Dinamai Berdasarkan Hewan Lain

Verified Writer

Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya