TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Kuda Nil, Ternyata Gak Bisa Berenang

Terlihat imut, tapi ternyata ngeri juga

ilustrasi kuda nil (pixabay.com/Foto-RaBe)

Kuda nil adalah salah satu hewan yang sering dianggap lucu dan menggemaskan karena tubuhnya yang besar dan gemuk. Apalagi ketika melihatnya makan, kamu pasti akan merasa gemas.

Tapi, jangan salah, kuda nil ternyata punya banyak fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak artikel singkat berikut ini!

1. Kuda nil adalah kerabat paus dan lumba-lumba

ilustrasi kuda nil (pixabay.com/Cheryl Van Zyl)

Kamu mungkin tidak percaya, tapi kuda nil sebenarnya masih berkerabat dengan paus dan lumba-lumba. Meski hidup di darat, kuda nil memiliki nenek moyang yang sama dengan hewan-hewan laut tersebut sekitar 55 juta tahun yang lalu. Keren, kan?

Baca Juga: 10 Fakta Aneh Kuda Nil, Ternyata Lebih Ganas dari Buaya

2. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga di dunia

ilustrasi kuda nil (pixabay.com/Bernhard Mülhens)

Kamu tahu gajah dan badak, kan? Nah, kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga di dunia setelah kedua hewan tersebut. Kuda nil jantan bisa memiliki berat hingga 4,5 ton, sementara betina bisa mencapai 2,5 ton. Bayangkan saja seberapa besar dan beratnya kuda nil!

3. Kuda nil adalah hewan paling mematikan di Afrika

ilustrasi kuda nil (pixabay.com/Brigitte Werner)

Jangan tertipu dengan penampilan kuda nil yang imut dan santai. Kuda nil sebenarnya adalah hewan paling mematikan di Afrika. Setiap tahun, kuda nil bisa membunuh lebih dari 300 orang. Bahkan, buaya nil pun memilih menghindar dari kuda nil karena takut. Kuda nil sangat agresif dan teritorial, terutama jika merasa terancam atau terganggu.

4. Kuda nil tidak bisa berenang

ilustrasi kuda nil (pixabay.com/Michael Siebert)

Meski sering berendam di air, kuda nil sebenarnya tidak bisa berenang dengan baik. Kuda nil akan tenggelam jika berada di aliran sungai yang deras. Itulah mengapa kuda nil lebih suka berada di perairan yang dangkal dan tenang. Kuda nil juga bisa menahan napas selama lima menit di bawah air.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kuda Nil, Mereka Bukan Perenang yang Baik, Lho!

Writer

Usamah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya