TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Pengerodongan Burung Kenari Kesayanganmu, Wajib Kamu Coba!

Hal sederhana namun banyak manfaat yang didapatkan

ilustrasi sangkar burung tanpa dikerodong (unsplash.com/Visual Karsa)

Pengerodongan pada burung kenari yaitu praktik menutup kandang dengan kerodong atau penutup kandang. Ada berbagai manfaat yang signifikan untuk kesehatan dan kesejahteraan burung. Merawat burung kenari bisa dibilang sangat mudah, apalagi buat kamu yang masih pemula dan berminat merawat burung berkicau. 

Pada dasarnya, perawatan burung kenari sangatlah sederhana dan tidak rumit. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat burung kenari, salah satunya dengan melakukan pengerodongan. Sebab, banyak dari kicau mania yang masih malas melakukan langkah ini. Meskipun agak remeh, ternyata banyak manfaat yang didapatkan. Simak, ya!

1. Melindungi dari kedinginan dan kelembapan

ilustrasi jika burung kenari kedinginan karena cuaca (pexels.cpm/Aleksa Kalajdzic)

Melindungi burung kenari dari kedinginan dan kelembapan selama musim hujan adalah aspek penting dari perawatan mereka. Suhu yang lebih dingin dan tingkat kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pernapasan dan penurunan sistem imun.

Dengan menggunakan kerodong atau penutup kandang, kita dapat membantu menciptakan mikroklimat yang lebih stabil dan hangat di dalam kandang, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan burung. Jadi, saat musim hujan khususnya kamu wajib melakukan tahap ini.

2. Melindungi dari predator dan gangguan luar

ilustrasi predator yang sering menyerang burung kenari (pexels.com/Laurissa Booyse)

Melindungi burung kenari dari predator dan gangguan luar merupakan salah satu manfaat tambahan dari pengerodongan kandang. Meski fokus utama mengerodong adalah untuk menjaga suhu dan kelembapan yang sesuai untuk kenyamanan burung, kerodong juga berfungsi sebagai penghalang fisik yang mengurangi visibilitas burung kenari dari luar.

Ini bisa sangat penting, terutama di lingkungan dimana potensi gangguan dari hewan peliharaan lain, seperti kucing atau anjing, serta predator alami seperti burung pemangsa, dapat menyebabkan stres atau bahkan membahayakan burung kenari. Kerodong membantu menenangkan burung dengan memberikan rasa aman dan perlindungan dari pandangan atau gangguan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Ternak Burung Kenari, Cepat dan Mudah Diikuti buat Pemula!

3. Meningkatkan kualitas tidur

ilustrasi burung sedang tidur dengan nyaman (pexels.com/pawan pandey)

Meningkatkan kualitas tidur melalui pengerodongan kandang pada malam hari adalah praktik yang sangat bermanfaat untuk burung kenari, mengingat pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Burung, seperti manusia dan banyak hewan lain, memerlukan tidur yang cukup untuk fungsi fisik dan mental yang optimal.

Di alam liar, kegelapan malam secara alami menandakan waktu untuk istirahat. Dengan mengerodong kandang, kita meniru kondisi alamiah ini, memberi sinyal kepada burung bahwa ini adalah waktu untuk tenang dan tidur. Mengingat sebagian besar lingkungan sekitar menggunakan lampu saat malam hari tentu ini menjadi salah satu faktor yang bisa membuat burung tidak nyaman saat tidur.

4. Mengurangi stres

ilustrasi burung mati karena stres (pexels.com/Kristina Paukshtite)

Mengurangi stres merupakan salah satu aspek kunci dalam perawatan burung kenari, dan pengerodongan kandang berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung hal tersebut. Stres dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan fisik dan mental burung, menyebabkan berbagai masalah seperti penurunan sistem imun, perilaku merusak diri, dan penurunan nafsu makan.

Burung kenari cenderung menjadi gugup atau cemas dalam situasi yang tidak terduga atau terlalu berisik. Dengan memberikan lingkungan yang tenang dan gelap, pengkerodongan membantu mencegah kegugupan dan memungkinkan burung untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka secara lebih baik.

Verified Writer

Tri Utomo

Perasaan orang pada dasarnya dangkal, mereka berubah seiring situasi - Itaewon Class

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya