TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rumus Luas Selimut Tabung: Cara Hitung dan Contoh Soalnya

Berbeda dengan rumus luas permukaan

Ilustrasi tabung (canva.com)

Tabung merupakan bangun ruang yang cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari celengan, gelas, hingga tong. Tabung juga menjadi salah satu bangun ruang yang sering muncul dalam pelajaran matematika.

Dalam matematika, salah satu hal yang sering dicari pada bangun ruang ini adalah rumus luas selimut tabung. Luas selimut tabung adalah panjang sisi sampingnya, dan sering dikaitkan dengan permukaan bangun yang akan diberi lapisan.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang rumus luas selimut tabung dan contoh soal yang bisa menjadi bahan pembelajaran. Simak sampai selesai, yuk!

1. Apa itu selimut tabung?

ilustrasi tabung (freepik.com)

Selimut tabung adalah permukaan bangun yang menyelimuti sisi tabung. Sedangkan alas tabung tidak termasuk dalam rumus luas selimut tabung.

Selimut tabung sering dikaitkan dengan pembuatan pakaian yang berbentuk tabung atau untuk menentukan jumlah cat yang dibutuhkan untuk mengecat permukaan tabung. Untuk menghitung rumus luas selimut tabung, perlu diketahui nilai jari-jari dan tinggi tabung.

Baca Juga: Rumus Kuadrat: Pengertian, Penemu, Rumus, dan Contoh Soal

2. Rumus luas selimut tabung

Ilustrasi bangun ruang (canva.com)

Rumus luas selimut tabung = 2.π.r.t

Berikut keterangan pada rumus tersebut:

  • π = 3.14 (phi)
  • r = jari-jari tabung
  • t = tinggi tabung

Dalam menghitung luas selimut tabung, kamu perlu mengetahui jari-jari dan tinggi tabung terlebih dahulu. Setelah nilai jari-jari dan tinggi tabung diketahui, maka tinggal memasukkan ke dalam rumus luas selimut tabung di atas.

Baca Juga: Rumus Barisan dan Deret Geometri, Lengkap dengan Contoh Soal 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya