TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Bunga Poppy, Berwarna Cerah dengan Makna Tersembunyi

Tanaman liar yang ternyata memiliki makna dalam tersirat

ilustrasi bunga poppy (pexels.com/Adonyi GΓ‘bor)

Bunga pada foto di atas terlihat cantik dan cerah, bukan? Bunga tersebut adalah poppy. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya sebagai tanaman hias. Namun, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya ada beberapa negara yang melarang bunga poppy untuk dibudidayakan?

Seindah kelihatannya, ternyata bunga berwarna merah cerah satu ini memiliki makna dalam yang tersirat. Dimulai dari fungsi utama bunga poppy hingga arti yang terkandung dalamnya, kamu akan menemukan fakta dan kebenaran yang sesungguhnya tentang bunga satu ini. Berikut lima fakta unik dari bunga poppy yang jarang diketahui.

1. Merupakan tanaman liar penghasil bahan baku opium

ilustrasi bunga poppy (pexels.com/Pixabay)

Bunga poppy merupakan tanaman liar yang tumbuh berkelompok di daerah pegunungan dengan empat musim. Selain warna merah, bunga poppy juga dapat berwarna biru, putih, orange, hingga kuning. Tanaman musim ini memiliki bunga yang berbentuk menyerupai sebuah cangkir.

Siapa tahu, bahwa bunga cerah satu ini ternyata merupakan bahan baku penghasil opium. Berasal dari getah buah yang sudah mekar, di mana jika dikeringkan akan menghasilkan opium mentah. Jika diekstrak lebih lanjut, akan menghasilkan morfin (penghilang rasa sakit), kodein (obat batuk), bahkan sabu.

Opium bekerja untuk mempengaruhi sistem saraf, memberikan penggunanya rasa tenang, menghilangkan rasa sakit, hingga euforia. Akan tetapi, jika dikonsumsi mentah, buah tanaman satu ini dapat menjadi racun bagi tubuh. Terkecuali bagi bijinya yang tidak beracun dan bisa dimakan.

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Peony, Bunga yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

2. Dilarang untuk dibudidayakan oleh beberapa negara

ilustrasi bunga poppy (pexels.com/Pixabay)

Umumnya, semua bunga poppy beracun, tapi tidak semuanya mengandung opium. Bunga dengan nama ilmiah Papaver rhoeas satu ini dilarang untuk dibudidayakan di beberapa negara, terutama bagi bunga yang mengandung ekstrak opium.

Di beberapa negara, seperti China, Taiwan, hingga Singapura, telah melarang pembudidayaan bunga poppy. Namun, ada juga beberapa bunga poppy yang tidak mengandung opium sedang dibudidayakan di beberapa pegunungan Indonesia sekarang.

Dilansir BBC, dikatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan biji opium. Walaupun hanya dalam jumlah sedikit, bisa memberikan hasil positif saat tes narkoba.

3. Memiliki makna yang sudah diturunkan sejak peradaban Mesir Kuno

ilustrasi bunga poppy (pexels.com/Anna Medseason)

Seindah kelihatannya, ternyata bunga poppy ini memiliki makna kematian. Bahkan, makna ini sudah berasal dari tahun-tahun sebelumnya, pada peradaban Mesir Kuno. Dilansir BBC, dikatakan bahwa pada makam Tutankhamun, Firaun Mesir, di sana terdapat simbol bunga poppy. Sebab, pada masa itu bunga poppy melambangkan Osiris atau dewa maut.

Seiring waktu berjalan, makna bunga poppy berkembang tidak terlalu jauh dengan masih melambangkan kematian. Banyak yang mengatakan hal itu dikarenakan bunga poppy yang mengandung ekstrak opium dan berwarna merah seperti darah.

4. Sebagai simbol peringatan peristiwa Perang Dunia I

ilustrasi bunga poppy (pexels.com/Pami Avilés)

Lain dari itu, bunga poppy juga disimbolkan sebagai peringatan Remembrance Day di Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara persemakmuran Inggris. Jatuh pada tanggal 11 November, setiap masyarakat yang memperingatinya akan memakai pin bunga poppy.

Hal tersebut muncul pertama kali saat peristiwa Perang Dunia I. Setelah perang, ribuan bunga poppy bermunculan di ladang Flanders, tempat terjadinya perang tersebut. Ternyata, sisa pengeboman artileri yang terfragmentasi berubah menjadi pupuk untuk bunga poppy. Oleh karena itu, bunga poppy pun dianggap melambangkan para prajurit dan orang-orang yang gugur saat perang terjadi.

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Suweg, Berbau Tak Sedap hingga Disebut Bunga Bangkai!

Verified Writer

Syeela Laven

𝑨 𝒔𝒐𝒖𝒍 π’‡π’Šπ’π’π’†π’… π’˜π’Šπ’•π’‰ π’„π’–π’“π’Šπ’π’”π’Šπ’•π’š 𝒂𝒏𝒅 π’‚π’Ž π’‘π’‚π’”π’”π’Šπ’π’π’‚π’•π’† :) +π‘³π’–π’Œπ’† 1:37

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya