TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Film Tersedih Sepanjang Masa Menurut Penelitian

Adegan yang paling menyentuh

mafab.hu

Manusia dikaruniai akal budi dan perasaan. Dua hal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Perasaan manusia sangatlah kompleks dan tidak mudah dijelaskan dengan kata-kata. Meskipun begitu, para peneliti dari berbagai bidang keilmuan berusaha menguliknya.

Bicara soal perasaan manusia, kita dianugerahi perasaan gembira, sedih, panik dan berbagai emosi lain yang muncul berganti-ganti. Ada banyak pemicu rasa sedih yang dialami manusia, salah satunya adalah dengan menonton film.

Baca Juga: Cuma Pakai Tes 15 Menit Ini, Kamu Bisa Ungkap Kepribadian Secara Akurat

Menonton film, pemicu perasaan teraduk-aduk.

elwoman.ru

James Gross, lulusan dari University of California, Berkeley bekerja sama dengan Professor Robert Levenson, tergelitik untuk mencari jawaban di balik bagaimana rasa sedih manusia bisa timbul karena adegan-adegan di film. Mereka mendata daftar emosi-emosi yang dirasakan manusia saat menonton film. Data ini didapatkan pada penelitian awal terhadap orang-orang yang banyak terlibat dengan film, misalnya kritikus film, penonton hingga karyawan toko video dan mahasiswa yang melakukan penelitian dengan film sebagai obyeknya.

Dari data yang dikumpulkan, Gross dan Levenson menemukan tujuh emosi yang paling menonjol pada manusia saat menonton film, yaitu kepuasan, kejutan, jijik, marah, takut dan terhibur.

Baca Juga: Ini Cara 'Praktis' Agar Kamu Bisa Menyelesaikan 200 Buku Dalam Setahun

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya