TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kehebatan Wolverine dalam Mencari Mangsa di Daerah Bersalju 

Biarpun kecil, wolverine predator yang tangguh, lho!

wolverine sedang bersantai (youtube.com/wildfacts)

Mungkin wolverine adalah nama hewan yang asing bagimu atau baru pertama kali ini kamu dengar. Wajar saja, hewan sejenis musang ini umumnya hidup di daerah pegunungan Alpen dan hutan pegunungan Alpen tinggi di wilayah utara di seluruh dunia. Keberadaan wolverine tergolong sangat langka karena hanya sekitar 300 yang tersisa di 48 negara bagian bawah. Pada bulan November 2023, mereka ditambahkan ke Daftar Spesies Terancam Punah AS (dan populasi mereka menurun di seluruh dunia). Kamu tahu nggak sih, kalau wolverine adalah predator yang tangguh dan cerdas, lho. Yuk, cari tahu 5 kehebatan wolverine dalam mencari mangsa di habitat aslinya!

1. Struktur tubuh yang cocok untuk berburu di daerah dingin

wolverine di atas gundukan salju (youtube.com/wildfacts)

Wolverine memiliki bulu yang panjang, tebal, dan berminyak. Bulunya juga sangat hidrofobik yang berarti tahan terhadap embun beku, bahkan saat mereka berguling-guling di atasnya untuk menemukan mangsa. Cakar mereka melengkung dan semi-retractile memudahkan untuk berjalan di salju yang tebal. Tak hanya itu, wolverine memiliki rahang kuat dan otot leher yang besar yang membuat mereka dapat menghancurkan dan memanfaatkan tulang serta daging yang sudah beku.

2. Si rakus yang tak pilih-pilih

wolverine sedang memakan tumbuhan di dekatnya (youtube.com/wildfacts)

Dilansir National Geographic, wolverine terkadang disebut "si rakus" yang merupakan terjemahan dari kata Gulo dalam bahasa Latin. Biarpun wolverine dikenal sebagai predator yang ganas, nyatanya mereka adalah omnivora, lho. Pada dasarnya mereka pemakan bangkai yang memakan apa pun yang bisa mereka makan. Di musim dingin wolverine bergantung pada sisa-sisa rusa besar dan karibu yang dibunuh oleh serigala dan pemburu atau hewan yang mati karena sebab alami.

Mereka juga suka memakan hewan pengerat dan hewan kecil lainnya. Namun, tak jarang pula biasanya mereka makan tumbuhan, biji-bijian, buah beri, akar-akaran, larva serangga, dan telur burung tergantung pada ketersediaannya. Jadi, saat menemukan sesuatu yang bisa dimakan, wolverine akan memakannya sebanyak mungkin dan kembali memakan bangkai berkali-kali hingga bangkai tersebut benar-benar bersih.

3. Punya indera penciuman menakjubkan

wolverine di atas gundukan salju (youtube.com/wildfacts)

Dilansir Live Science, wolverine memiliki indra penciuman yang tajam. Mereka dapat mencium keberadaan mangsa, sampai pada kedalaman 20 kaki di bawah salju. Setelah dideteksi keberadaan mangsa, wolverine akan menggali liang dan membunuh hewan yang sedang berhibernasi tersebut. Wolverine memang memiliki indra penciuman yang tajam, tetapi penglihatan mereka buruk.

Baca Juga: 6 Hewan Asli Indonesia yang Sudah Punah, Harimau Jawa hingga Kuau

4. Hewan yang sangat pintar

wolverine sedang bersantai (youtube.com/wildfacts)

Tak hanya punya indra penciuman yang kuat, wolverine ternyata adalah hewan yang cerdas dan berhati-hati, lho. Wolverine adalah makhluk yang cerdas dan penuh perhitungan dalam memahami bahwa pertarungan fisik yang sebenarnya dengan predator yang lebih besar akan berakhir buruk, yaitu kematian. Oleh karena itu, sangat jarang wolverine benar-benar menyerang pesaingnya lebih dari sekadar serangan gertakan saja.

Verified Writer

Silvia Dhea

write more about the beauty of nature🌼

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya