TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Hewan Besar yang Ternyata Jauh Lebih Raksasa dari Dugaan

Ada gajah yang tingginya 4 meter

potret bison amerika (freepik.com/byrdyak)

Pernahkah kamu berpikir kalau hewan-hewan yang terlihat biasa saja ternyata bisa tumbuh jauh lebih besar dari bayanganmu? Di alam liar, ada banyak makhluk yang diam-diam berukuran raksasa dan mampu membuat kita melongo kalau melihat langsung.

Kadang, penampilan mereka yang santai dan tenang malah membuat kita salah kira tentang seberapa besar mereka sebenarnya!

Nah, di artikel ini, kita akan mengulas sembilan hewan yang ukurannya jauh lebih raksasa dari dugaan awal. Beberapa di antaranya mungkin tidak terlihat sebagai ancaman, namun besarnya tubuh mereka akan membuat siapa pun terperangah. Penasaran hewan apa saja? Simak ulasannya berikut!

1. Gajah Afrika

potret gajah afrika (freepik.com/byrdyak)

Gajah Afrika sering dianggap sebagai raksasa darat, namun kenyataannya banyak orang yang tak menyadari betapa besar hewan ini sebenarnya.

Dilansir dari National Geographic, gajah Afrika merupakan mamalia darat terbesar di dunia, dengan berat mencapai 6.000 kg dan tinggi mencapai 4 meter. Jika dibandingkan, ukuran tubuhnya lebih besar dari truk ukuran sedang!

Selain ukurannya yang mengagumkan, gajah Afrika juga dikenal memiliki telinga yang besar, yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh. Menariknya, mereka juga sangat sosial dan sering bepergian dalam kelompok besar, dipimpin oleh seekor betina tua yang disebut 'matriark'.

2. Ikan Paus Biru

potret paus biru (pixabay.com/Lee Sommers)

Mungkin kita semua tahu bahwa ikan paus biru adalah makhluk laut terbesar di dunia. Namun, apakah kamu tahu bahwa ukurannya bisa mencapai panjang 30 meter?

Berat paus biru diketahui bisa lebih dari 150 ton! Bayangkan, itu setara dengan berat lebih dari 20 gajah dewasa.

Fakta menarik lainnya adalah lidah paus biru sendiri bisa memiliki berat sebesar gajah, sementara jantungnya seukuran mobil kecil. Ikan paus biru merupakan makhluk yang sangat mengesankan, yang membuat kita sadar betapa kecilnya manusia di hadapan alam.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Amur Hedgehog, Hewan yang Suka Ngejomblo!

3. Bison Amerika

potret bison amerika (freepik.com/byrdyak)

Banyak orang mengira bison Amerika berukuran mirip dengan sapi biasa. Kenyataannya, bison Amerika jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Dengan berat mencapai 1.000 hingga 2.000 kg dan tinggi 1,8 meter, bison ini benar-benar raksasa di daratan Amerika Utara.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Smithsonian, bison Amerika adalah hewan yang sangat tangguh. Meskipun tubuhnya besar dan tampak lamban, bison sebenarnya bisa berlari hingga 60 km/jam, kecepatan yang mengejutkan mengingat ukurannya.

4. Ular Anakonda

potret anakonda hijau (inaturalist.org/lennarthud)

Ular anakonda sering menjadi bintang di film-film petualangan. Namun, di dunia nyata, ukurannya benar-benar lebih mengesankan. Anakonda hijau, yang merupakan spesies terbesar, bisa tumbuh hingga lebih dari 9 meter dan berat mencapai 250 kg.

Anakonda memiliki tubuh yang tebal dan kuat, memungkinkan mereka memangsa hewan besar seperti kapibara dan bahkan caiman. Ular ini bukanlah ular tercepat, tetapi kekuatan dan ukurannya membuatnya menjadi sangat menakutkan di alam liar.

5. Burung Albatros

potret burung albatros (inaturaist.org/lawrencehylton)

Burung albatros mungkin terlihat biasa saja dari kejauhan. Namun, jika kamu melihatnya lebih dekat, kamu akan kagum dengan rentang sayapnya yang luar biasa lebar.

Sebuah penelitian menyebutkan, kalau rentang sayap albatros bisa mencapai 3,5 meter, menjadikannya salah satu burung terbesar di dunia.

Dengan sayap sebesar itu, albatros mampu terbang ribuan kilometer tanpa mendarat, memanfaatkan angin laut untuk melayang di udara. Inilah salah satu alasan mengapa albatros dianggap sebagai 'pelaut ulung' dari dunia burung.

6. Lumba-lumba Orca (Paus Pembunuh)

potret lumba-lumba orca (pexels.com/Pixabay)

Orca atau paus pembunuh sering digambarkan sebagai lumba-lumba besar. Namun, kenyataannya, orca adalah predator laut raksasa dengan panjang mencapai 9 meter dan berat hingga 6 ton.

Di laut luas, orca salah satu pemangsa puncak yang paling ditakuti, berburu mangsa mulai dari ikan hingga paus besar.

Selain ukurannya yang besar, orca dikenal karena kecerdasannya. Mereka berburu dalam kelompok, menggunakan taktik yang terkoordinasi, membuat mereka sangat efektif dalam berburu mangsa yang lebih besar dari mereka sendiri.

7. Kuda Clydesdale

potret kuda clydesdale (pexels.com/Pixabay)

Kuda sering diidentikkan dengan kecepatan dan keanggunan, namun ras kuda Clydesdale membawa citra kekuatan dan ukuran raksasa.

Kuda ini memiliki tinggi sekitar 1,8 meter di bahu, dan beratnya bisa mencapai 900 kg. Dilansir dari Equine Journal, kuda Clydesdale terkenal dengan kekuatan luar biasanya dalam menarik beban berat.

Selain kekuatan fisik, kuda Clydesdale juga dikenal dengan tampilan yang menawan. Mereka sering digunakan dalam parade dan acara-acara besar karena postur tubuh mereka yang tinggi dan megah.

Baca Juga: 5 Kemampuan Unik Giant Weta, Salah Satu Serangga Terbesar di Dunia!

8. Beruang Kodiak

potret beruang kodiak (pexels.com/Brett Sayles)

Beruang Kodiak mungkin tidak sepopuler beruang kutub, namun ukurannya membuatnya layak diperhitungkan. Beruang ini bisa memiliki berat hingga 680 kg dan mencapai tinggi lebih dari 3 meter saat berdiri dengan kedua kakinya.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa beruang Kodiak merupakan salah satu predator terbesar di dunia.

Selain ukurannya yang besar, beruang Kodiak juga terkenal sebagai pemburu ulung di habitatnya, terutama saat berburu ikan salmon selama musim migrasi ikan di Alaska.

9. Jerapah

potret jerapah (pexels.com/Africa Vacation Safaris)

Semua orang tahu bahwa jerapah adalah hewan tertinggi di dunia, namun tidak semua orang menyadari betapa tinggi jerapah sebenarnya.

Jerapah bisa tumbuh hingga 6 meter, setinggi bangunan dua lantai! Mereka menggunakan leher panjangnya untuk memakan dedaunan di pucuk-pucuk pohon yang tidak bisa dijangkau hewan lain.

Leher panjang tersebut juga membantu mereka untuk melihat jauh ke cakrawala, memberi mereka keuntungan dalam mendeteksi bahaya dari jauh, terutama predator seperti singa.

Itulah dia beberapa hewan yang ukurannya lebih besar dibandingkan yang orang kira pada umumnya. Ukuran yang luar biasa ini membuktikan betapa menakjubkannya alam dan seberapa kecil peran kita di dalamnya. Jadi, dari semua hewan megah ini, apakah ada yang paling ingin kamu lihat langsung dengan mata kepala sendiri?

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bison Amerika, Hewan Besar yang Mampu Melompat Tinggi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya