TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Tersembunyi Laut Mati, Memiliki Kadar Garam Tinggi!

Laut Mati jadi objek menarik untuk dipelajari

ilustrasi laut mati (unsplash.com/Sergey Mazhuga)

Laut Mati sering kali dikenal sebagai The Dead Sea dan menjadi salah satu wisata yang sangat populer dikunjungi. Laut Mati terletak di Utara Lembah Celah Besar antara Palestina dan Yordania, serta memiliki ketinggian 417,5 meter di bawah permukaan laut atau menjadi titik terendah yang ada di permukaan Bumi.

Uniknya lagi justru Laut Mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan juga bagian barat dari Palestina, sehingga tak heran banyak turis berbondong-bondong untuk mengunjungi laut yang satu ini. Meski disebut Laut Mati, namun ternyata tempat tersebut tidak menyeramkan dan kamu bisa mengenalnya lebih dekat karena beberapa fakta berikut ini.

1. Tidak ada hewan yang tinggal di dalamnya

ilustrasi Laut Mati (unsplash.com/Dave Herring)

Jika mendengar nama Laut Mati mungkin sebagian orang akan langsung berpikir bahwa tempat tersebut sangatlah menyeramkan. Pada dasarnya nama Laut Mati tidaklah semenyeramkan seperti yang dibayangkan, sebab ada arti tersendiri dari nama tersebut.

Dilansir Sea Salt Superstore, Laut Mati menggunakan kata 'mati' karena salinitasnya yang tinggi, sehingga tidak bisa mendukung adanya organisme akuatik makroskopis seperti ikan atau tumbuhan air yang dapat hidup di dalamnya. Meski pun memang terdapat pula sejumlah kecil bakteri dan jamur mikroba.

2. Setiap liter air di Laut Mati mengandung 340 gram garam

ilustrasi Laut Mati (unsplash.com/Konstantin Tretyak)

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa Laut Mati menjadi tempat yang memiliki kandungan salinitas tinggi. Bahkan bisa dikatakan bahwa tingkat salinitas yang terdapat di Laut Mati sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan beberapa perairan lainnya yang ada di Bumi.

Dilansir Testsbook, tingkat salinitas satu liter air saja di Laut Mati ternyata mengandung setidaknya 340 gram. Tentunya ini menjadi jumlah yang sangat fantastis mengingat kandungan garam yang sangat tinggi di dalam Laut Mati tersebut.

3. Laut Mati sebetulnya merupakan danau laut

ilustrasi Laut Mati (unsplash.com/Nicole Baster)

Ada satu kesalahan persepsi yang masih dimiliki oleh banyak orang terkait dengan keberadaan Laut Mati. Persepsi tersebut merupakan anggapan bahwa Laut Mati merupakan laut yang membentang dan memiliki kadar garam yang tinggi.

Dilansir ESA Earth Online, pada kenyataannya Laut Mati bukanlah sebuah laut, melainkan danau garam yang berbatasan dengan Yordania di Timur dan Palestina di Barat. Laut Mati memiliki kedalaman sekitar 306 meter dan menjadi danau hipersalin terdalam yang ada di dunia.

4. Laut Mati bisa membuat siapa pun mengapung

ilustrasi Laut Mati (unsplash.com/ricardo frantz)

Laut Mati memang selalu memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Bahkan para turis yang tidak bisa berenang pun bisa jadi justru merasa betah saat berada di Laut Mati, sebab memang tidak perlu pandai berenang untuk bermain di sana.

Dilansir Simple Science, konsentrasi garam yang ada di Laut Mati ternyata sangatlah tinggi hingga bisa membuat manusia dapat dengan mudah mengapung pada permukaannya, sebab memiliki daya apung alami. Selain itu, Laut Mati juga mirip dengan Great Salt Lake yang ada di Utah, Amerika Serikat. Kunci dari fenomena aneh ini adalah tingginya kadar garam mineral yang ada di Laut Mati.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya