TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Tersembunyi dari Ketumbar, Bumbu  Dapur yang Populer!

Hampir setiap masakan menggunakan ketumbar sebagai bahannya

ilustrasi ketumbar (pixabay.com/@pdpics)

Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia masak, tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan ketumbar, bukan? Rempah yang satu ini cukup mudah dikenali, sebab ukurannya yang kecil.

Secara umum diameter ukuran ketumbar hanya sekitar 1-2 mm. Selain itu, ketumbar juga biasa diperjualbelikan secara utuh atau pun sudah digerus sebelumnya. Di balik penggunaannya yang populer, ternyata ketumbar juga memiliki beberapa fakta menariknya berikut ini.

Sumber:

https://www.allthatgrows.in/blogs/posts/grow-coriander

https://www.healthline.com/nutrition/cilantro-vs-coriander

https://www.healthline.com/nutrition/coriander-benefits

https://www.statista.com/statistics/870969/coriander-production-by-state-india/#:~:text=Madhya%20Pradesh%20produced%20the%20largest,fiscal%20year%202022%20across%20India.

1. Ketumbar sudah ditemukan sejak ribuan tahun sebelum masehi

ilustrasi ketumbar (pixabay.com/@pdpics)

Sebelum menjadi populer dan tersebar ke seluruh dunia, nyatanya ketumbar sudah ditemukan sejak ribuan tahun silam sebelum masehi. Hal inilah yang kemudian membuktikan eksistensi ketumbar sejak zaman dahulu.

Dilansir The Spruce Eats, biji ketumbar sudah ada sejak 5000 tahun sebelum masehi. Meski begitu, asal muasal ketumbar disebut-sebut berasal dari kawasan Eropa selatan dan Mediterania. Penggunaan ketumbar juga sudah secara umum dilakukan di India dan Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.

2. Ketumbar hanya membutuhkan waktu 40-45 hari untuk siap panen

ilustrasi tanaman ketumbar (pixabay.com/@pitsch)

Ketumbar ternyata menjadi komoditas yang cukup menjanjikan dan cukup mudah dibudidayakan. Bahkan proses penanamannya juga tak membutuhkan waktu lama.

Dikutip AllThatGrows, ketumbar bahkan bisa tumbuh pada area indoor dengan kondisi iklim yang bersahabat, serta membutuhkan waktu hanya sekitar 40-45 hari untuk siap panen. Ketumbar disebut-sebut cocok ditanam pada musim panas, sehingga pemenuhan sinar mataharinya pun tercukupi.

3. Cita rasa khas dari ketumbar

ilustrasi ketumbar (pixabay.com/@grigorijkalyuzhnyj)

Setiap rempah memang dikenal memiliki aroma dan cita rasanya tersendiri. Tak ketinggalan ketumbar termasuk di dalamnya, sebab memiliki keunikannya tersendiri dibanding rempah lainnya.

Secara umum ketumbar memiliki aroma dan cita rasa yang hangat, sedikit pedas, namun ada sensasi nutty di dalamnya, seperti dilansir Healthline. Hal inilah yang membuat penambahan ketumbar dapat memberikan cita rasa lezat dalam setiap masakan.

4. Ketumbar memiliki kandungan sehat untuk tubuh

ilustrasi ketumbar (pixabay.com/@mareefe)

Ketumbar memang kerap digunakan untuk memasak, namun ternyata fungsinya lebih dari itu. Tak hanya untuk menambah cita rasa, namun ketumbar cukup berkhasiat untuk tubuh.

Ketumbar dipercaya memiliki kandungan untuk membantu menurunkan kadar gula darah, tinggi kandungan antioksidan, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu menjaga   kesehatan pencernaan, seperti dikutip HealthlineHal ini membuat ketumbar menjadi salah satu rempah yang penuh khasiat.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya