TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Tak Biasa dari Rumput Laut, Beragam Manfaatnya!

Rumput laut kerap dijadikan bahan dalam memasak

ilustrasi rumput laut (unsplash.com/@dawsino)

Kamu pasti pernah mendengar nama rumput laut, bukan? Rumput laut merupakan salah satu komoditas penting dalam perikanan dan kerap menjadi andalan untuk perekonomian suatu tempat. Hal ini karena memang cukup mudah menemukan dan membudidayakan rumput laut.

Hasil panen dari rumput laut juga kerap dimanfaatkan untuk banyak hal. Namun, kamu dapat semakin mengenal rumput laut dengan menyimak beberapa fakta menariknya berikut ini.

1. Sejarah rumput laut

ilustrasi rumput laut (unsplash.com/@wolfalexs)

Rumput laut mungkin saat ini sudah dikenal secara luas oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Bahkan tanaman ini juga kerap diolah menjadi aneka olahan yang lezat. Namun, tentu saja sebelum itu pasti ada sejarah tersendiri yang berkaitan dengan rumput laut.

Dilansir Seaweed.ie, rumput laut pertama kali dikonsumsi di Jepang setidaknya pada 1500 tahun yang lalu, sesuai dengan apa yang pernah tercatat oleh sejarah. Selama Era Asuka (600-700 Masehi) dan Era Nara (700-800 Masehi), rumput laut hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan Jepang. Namun, saat ini rumput laut bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Baca Juga: 10 Makanan dengan Tambahan Rumput Laut, Unik tapi Nikmat

2. Rumput laut penting untuk lingkungan

ilustrasi rumput laut (unsplash.com/@profwicks)

Rumput laut selama ini hanya dikenal sebagai bahan makanan saja. Padahal tanaman ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk lingkungan, bahkan kerap dianggap sebagai tanaman yang ramah lingkungan.

Dilansir Seaweed Solutions, rumput laut mengandung nutrisi dan sumber biomass yang baik untuk makhluk hidup di sekitarnya. Rumput laut juga membantu mengurangi sisa jejak dari industri, sehingga memberikan lingkungan yang lebih sehat.

3. Proses pengolahan rumput laut

ilustrasi nori (unsplash.com/@patrickperkins)

Rumput laut menjadi salah satu komoditas penting yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Hal ini karena memang ada banyak sekali jenis olahan yang bisa diperoleh dengan menggunakan rumput laut sebagai bahannya.

Dilansir Seaweed.id, penggunaan rumput laut biasanya kerap dijadikan bahan untuk makanan, kosmetik, pupuk, atau bahkan ekstraksi industri. Tak heran jika komoditas rumput laut dianggap menjadi salah satu yang penting.

4. Manfaat rumput laut bagi tubuh

ilustrasi nori (unsplash.com/@crystalsjo)

Bukan rahasia umum lagi jika rumput laut merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung beragam manfaat baik di dalamnya. Hal ini bahkan bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin.

Dilansir Forbes, rumput laut memiliki berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, serat, tinggi protein, hingga dapat menjaga kesehatan jantung, fungsi tirod, dan mengontrol gula darah. Dengan demikian, tak salah rasanya apabila mengonsumsi rumput laut secara rutin.

Baca Juga: 10 Kuliner Lokal Berbahan Dasar Rumput Laut, Banyak Pilihannya!

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya