TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Mengenai Angsa yang Jarang Diketahui, Bermonogami Seumur Hidup

Angsa digambarkan sebagai simbol cinta dan persahabatan

ilustrasi angsa (pexels.com/Pixabay)

Angsa merupakan salah satu burung yang sering dianggap sebagai simbol keanggunan dan kesetiaan, apalagi pada saat hewan tersebut seolah melayang di atas air dan memberikan keindahan lanskap alam yang ada. Ternyata di balik penampilan angsa yang tenang justru hewan tersebut memiliki berbagai sifat-sifat yang sangat menarik.

Angsa memiliki perilaku yang cukup kompleks dan hal ini juts didukung dengan kecerdasannya yang tinggi, serta keterampilannya yang luar biasa. Kamu bisa menyimak beberapa fakta berikut ini yang jarang diketahui seputar angsa agar bisa semakin mengenalnya dengan lebih dekat.

1. Bermonogami seumur hidup

ilustrasi angsa (pexels.com/Leah Newhouse)

Salah satu fakta yang sangat menarik dari keberadaan angsa adalah perilaku monogami yang dilakukannya. Hal ini karena angsa dianggap sebagai hewan yang hanya memilih satu pasangan seumur hidup, sehingga tidak melakukan perkawinan dengan angsa-angsa yang berbeda.

Dilansir ABC, biasanya setelah menemukan pasangan, angsa akan tetap setia dan bersama sepanjang hidup mereka. Bahkan, jika salah satu pasangan mati, maka angsa yang ditinggalkan sering menunjukkan perilaku berduka dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pada akhirnya mencari pasangan baru.

2. Angsa memiliki usia hidup yang panjang

ilustrasi angsa (pexels.com/Pixabay)

Usia hidup yang dimiliki setiap hewan mungkin akan berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah angsa. Ternyata dalam kondisi yang baik justru angsa bisa memiliki usia hidup yang panjang jika dibandingkan dengan jenis unggas-unggas lainnya, sehingga inilah yang menjadi hal menarik.

Dilansir Britannica, angsa bisa hidup sekitar 20 hingga 30 tahun di alam liar jika kondisinya baik. Bahkan, dalam penangkaran justru usia angs abisa lebih panjang lagi mencapai lebih dari 40 tahun. Tentunya usia tersebut sudah relatif panjang untuk seekor burung, apalagi beberapa spesies unggas lainnya hanya memiliki usia yang lebih pendek.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Angsa, Penghuni Laut Dalam yang Mirip Angsa?

3. Angsa sangat protektif dengan wilayahnya

ilustrasi angsa (pexels.com/Anthony 🙂)

Satu hal yang menarik dari angsa adalah insting protektifnya yang sangat luar biasa, terutama dalam urusan wilayah. Alasannya karena angsa termasuk hewan yang cukup teritori, sehingga akan menjaga wilayah dan sarangnya dengan sebaik mungkin untuk menghindari risiko ancaman yang mungkin terjadi.

Dilansir The Regal Swan, angsa tidak akan ragu untuk menyerang hewan atau bahkan manusia yang dianggap sebagai ancaman jika sudah memasuki wilayah teritorinya. Angsa akan menggunakan tubuhnya yang besar dan sayapnya yang kuat, sehingga mampu untuk menjadi lawan tangguh apabila dalam kondisi terancam.

4. Angsa mencari makanan ke dasar perairan menggunakan lehernya

ilustrasi angsa (pexels.com/Oleksandr P)

Jika dilihat dari segi anatomi ternyata memang angsa memiliki keunikan tersendiri dari bentuk lehernya yang panjang. Tampilan leher angsa yang panjang sering dianggap sebagai estetika karena tampak sangat menarik dan membuat hewan tersebut semakin terlihat elegan saat bergerak, namun sebetulnya fungsi dari lehernya lebih dari itu.

Dilansir IFAW, angsa menggunakan leher panjangnya untuk menjangkau dasar danau atau sungai, sehingga dapat menjangkau tanaman air dan organisme kecil lainnya. Selain itu, angsa menggunakan lehernya yang panjang untuk memantau lingkungan sekitar, sehingga jarak pandangannya akan lebih luas.

5. Angsa memiliki kemampuan untuk mengingat orang dan tempat

ilustrasi angsa (pexels.com/Pixabay)

Salah satu kemampuan memukau yang dimiliki angsa adalah dapat mengingat orang dan tempat dengan cukup akurat. Hal inilah yang membuat angsa dapat melakukan proteksi terhadap diri dan juga sarangnya dengan baik, apalagi jika angsa pernah mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan.

Dilansir Animal Good News, angsa ternyata dapat memiliki kemampuan untuk mengingat hewan, manusia, dan juga lokasi, sehingga ini bisa membuatnya tiba-tiba menjadi protektif. Jika angsa merasa terancam oleh seseorang, hewan tersebut bisa menyimpan dendam dan bertindak agresif jika bertemu lagi dengan orang tersebut di masa depan.

Angsa menjadi hewan yang memiliki hubungan sosial cukup kuat dan berbagai perilaku yang menarik. Selain itu, angsa secara aktif melakukan migrasi, sehingga membuat hewan tersebut memiliki banyak kejutan. Apa saja fakta menarik yang baru kamu ketahui dari angsa?

Baca Juga: 7 Fakta Common Murre, Unggas Air yang Kerap Dikira Penguin

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya