TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Mengejutkan dari Lobster, Darahnya Berwarna Biru!

Lobster memiliki sisi kanibal untuk memakan dirinya sendiri

ilustrasi lobster (pexels.com/Jonathan Cooper)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan lobster yang kerap dianggap sebagai salah satu makanan laut mewah. Lobster dikenal memiliki nilai jual yang tinggi karena kualitas dan juga cita rasa dari dagingnya, sehingga cukup banyak disukai oleh orang-orang dan juga cukup luas diperjualbelikan.

Di balik kemewahannya sebagai salah satu seafood dengan harga jual tinggi, namun sebetulnya hewan bercapit ini memiliki berbagai fakta mengejutkan yang berkaitan dengan biologi, sejarah, hingga kebiasaannya. Kamu bisa menyimak beberapa fakta berikut ini seputar lobster agar bisa mengenalnya dengan lebih dekat.

1. Lobster punya usia hidup yang panjang

ilustrasi lobster (pexels.com/Linken Van Zyl)

Berbicara mengenai harapan hidup yang dimiliki oleh setiap hewan mungkin akan berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah lobster. Lobster termasuk salah satu hewan dengan harapan hidup yang panjang jika dibandingkan hewan lainnya, sehingga inilah yang membuat lobster cukup sering dikembangbiakan.

Dilansir The University of Maine, beberapa spesies lobster ternyata bisa hidup hingga 100 tahun atau lebih. Hal ini disebabkan karena lobster memiliki kemampuan regenerasi sel yang sangat baik, bahkan penuaan biologis pada lobster pun menjadi lebih lambat dibandingkan hewan lainnya.

2. Lobster terus berganti cangkang sepanjang hidup

ilustrasi lobster (pexels.com/Kindel Media)

Seperti yang diketahui bahwa lobster menjadi hewan yang memiliki cangkang, sehingga berfungsi untuk memproteksi tubuhnya dengan baik. Namun, cangkang yang dimiliki lobster ternyata tidak terus bertumbuh dan hal inilah yang membuat hewan tersebut jadi tidak bisa menggunakannya untuk waktu lama atau secara berkali-kali.

Dilansir Lobster Life Systems, lobster akan terus berganti cangkang sepanjang hidupnya dan proses ini disebut dengan molting. Selama molting berlangsung ternyata lobster akan keluar dari cangkang lamanya dan menumbuhkan cangkang baru yang akan lebih besar. Ini merupakan periode yang cukup rentan karena lobster tidak memiliki perlindungan sampai cangkang barunya mengeras.

3. Lobster memiliki darah berwarna biru

ilustrasi lobster (pexels.com/Pixabay)

Kebanyakan makhluk hidup tentu saja memiliki darah yang berwarna merah karena kandungan hemoglobin yang ada di dalamnya. Namun, ternyata hal tersebut tidak dialami oleh lobster yang justru tidak memiliki darah berwarna merah, sehingga membuat anatomi dari hewan ini sangatlah menarik.

Dilansir NOAA Fisheries, darah pada lobster berwarna biru karena mengandung hemocyanin, yaitu protein yang mengandung tembaga dan bertugas untuk mengangkut oksigen di dalam darah. Sebetulnya tidak ada warna asli dari darah lobster, namun karena pengaruh oksigen maka warnanya berubah menjadi kebiruan.

4. Lobster bisa menumbuhkan kembali anggota tubuhnya

ilustrasi lobster (pexels.com/Arifur Rahman Tushar)

Salah satu kemampuan menarik yang dimiliki lobster adalah regeneratif yang menjadi hal menakjubkan dari hewan ini. Melalui kemampuan regeneratif ternyata lobster dapat menumbuhkan kembali anggota tubuhnya yang hilang, sehingga bisa sangat membantunya dalam beradaptasi dan beraktivitas.

Dilansir NOAA Fisheries, lobster bisa menumbuhkan kembali cakar, kaki, hingga atena apabila lepas atau pun terluka. Proses ini memang memakan waktu, namun tetap memberikan lobster kemampuan untuk bertahan hidup, khususnya di dalam lingkungan laut yang cukup keras.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya