TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Mengenai Singa Laut yang Jarang Diketahui, Lincah!

Singa laut memiliki kemampuan berenang yang luar biasa

ilustrasi singa laut (pexels.com/Sebastian Coman Travel)

Singa laut merupakan salah satu makhluk yang dikenal dengan kecerdasan dan juga kelincahannya, sebab tingkah lakunya terkesan sangat menghibur. Singa laut menjadi mamalia yang berkerabat dekat dengan anjing laut, meski memang tetap memiliki perbedaan tersendiri dalam hal penampilan dan juga perilaku yang dimilikinya.

Singa laut sebetulnya bisa ditemukan di berbagai wilayah di dunia, khususnya di daerah pesisir yang cukup dingin. Di balik tampilan singa laut yang tampak ramah, sebetulnya hewan ini tetap menyimpan berbagai kemampuan dan karakternya yang menarik untuk dipelajari. Kamu bisa menyimak beberapa fakta berikut ini seputar singa laut agar bisa mengenalnya dengan lebih dekat.

1. Singa laut bisa berjalan dengan baik saat di darat

ilustrasi singa laut (pexels.com/Craig Adderley)

Salah satu hal yang mungkin cukup menarik dari keberadaan singa laut adalah kemampuannya untuk berjalan di darat dengan sangat baik. Hal ini seolah sangat bertolak belakang dengan anjing laut yang terkesan lebih canggung pada saat berada di darat dan mungkin tidak bisa bergerak dengan bebas.

Dilansir NOAA, singa laut biasa menggunakan sirip depan dan belakangnya untuk berjalan dengan lincah di atas tanah. Sirip belakangnya bisa berputar ke depan, sehingga sangat memungkinkan hewan tersebut untuk bergerak dengan lebih cepat dan gesit di darat jika dibandingkan hewan mamalia laut lainnya.

2. Kemampuan menyelamnya sangat luar biasa

ilustrasi singa laut (pexels.com/Chris Spain)

Salah satu kemampuan yang tidak kalah menarik dari singa laut adalah kepiawaiannya dalam menyelam. Bahkan, kemampuan hewan tersebut untuk menyelam bisa sangatlah dalam dan mampu untuk menahan nafas cukup lama sampai akhirnya bisa kembali lagi ke permukaan air dnegan aman.

Dilansir DTIC, singa laut bisa menyelam hingga kedalaman lebih dari 250 meter dan bertahan di bawah air selama kurang lebih 10 hingga 20 menit tanpa perlu kembali ke permukaan untuk bernafas. Selain itu, kemampuan menahan nafas yang dimiliki singa laut bisa diperoleh karena kemampuan tubuhnya yang dapat memperlambat detak jantung saat berada di kedalaman air yang dalam.

Baca Juga: 7 Hewan yang kerap Dijadikan Mata-Mata Negara, Merpati hingga Paus

3. Singa laut dapat tidur di bawah air

ilustrasi singa laut (pexels.com/Pixabay)

Pada umumnya hewan-hewan akan mencari tempat yang aman dan nyaman untuk tidur, sehingga bisa kembali mengisi energinya dengan efektif. Namun, hal berbeda justru akan terlihat dari singa laut yang memiliki kebiasaan tidur unik, yaitu dapat tidur di bawah air tanpa terbangun atau pun terganggu.

Dilansir Seaworld.org, singa laut memang tetap membutuhkan udara untuk bernafas, namun mereka bisa tidur di bawah air dengan tetap mengapung. Singa laut melakukannya dengan menagan nafas secara periodik, lalu naik ke permukaan untuk mengambil nafas tanpa terbangun dari tidurnya. Ini sangat memungkinkan hewan tersebut untuk beristirahat dengan aman di lautan terbuka sekali pun.

4. Singa laut memiliki perilaku sosial yang kompleks

ilustrasi singa laut (pexels.com/Frans van Heerden)

Setiap hewan mungkin memiliki perilaku sosial yang berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah singa laut. Singa laut termasuk hewan yang sangat sosial dan bisa hidup dalam suatu kelompok besar yang disebut koloni bersama dengan singa laut lainnya, sehingga tinggal secara beriringan.

Dilansir San Diego Zoo Animals & Plants, singa laut sering terlibat dalam berbagai interaksi sosial bersama-sama, seperti bermain, berkomunikasi dengan menggunakan vokalisasi, hingga bertarung untuk dominasi. Biasanya pemimpin koloni sering disebut bull, serta akan melindungi betina dan anak-anak yang ada di dalam kelompoknya.

5. Singa laut jantan dapat tumbuh sangat besar

ilustrasi singa laut (pexels.com/Anastasia Yudin)

Mungkin belum banyak orang yang melihat keberadaan singa laut secara langsung, sehingga tidak bisa memperkirakan ukuran tubuhnya. Sebetulnya singa laut termasuk hewan dengan ukuran tubuh yang bisa sangat besar, khususnya singa laut jantan dengan spesies Stellar.

Dilansir The Marine Mammal Center, beberapa jenis singa laut jantan bisa tumbuh mencapai berat lebih dari 1.000 kilohram dengan panjang sekitar 3 meter. Ukuran tubuh singa laut jantan sudah pasti jauh lebih besar dibandingkan dengan singa laut betina yang pada umumnya berukuran lebih kecil dan lebih ringan.

Berbagai fakta di atas menunjukkan bahwa singa laut memang memiliki berbagai keunikan dalam hal fisik dan perilaku sosial. Meski begitu, singa laut menjadi hewan yang cerdas dan gesit, serta memiliki peran penting untuk ekosistemnya. Mana fakta yang baru kamu ketahui dari singa laut?

Baca Juga: 10 Hewan yang Punya Duri di Tubuhnya, Awas Tertusuk!

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya